Home » » Karyawan Juga Bisa Kaya Loh,Ini Dia Tipsnya

Karyawan Juga Bisa Kaya Loh,Ini Dia Tipsnya

Advertisement
Karyawan kaya? kenapa tidak - indonesia adalah negeri yang sangat kaya raya sekali,dan kekayaan indonesia tidak hanya bersumber dari sumber daya alamnya saja tapi juga kaya akan beraneka ragam sumber hayati,suku serta budaya.

Disamping itu,indonesia juga sangat kaya dengan mitos tertentu. Mitos adalah anggapan atau pendapat khalayak umum yang melekat terhadap suatu objek atau suatu kejadian. Misalkan saja mitos mengenai ibu hamil yang sedang ngidam,kalau tidak segera dituruti nanti anaknya akan iler ileran.

mengelola keuangan


Dan didalam dunia kerja sendiri juga banyak terdapat mitos mengenai profesi sebagai seorang karyawan. Dan mitos yang sering kali kita dengan adalah seorang karyawan tidak mungkin bisa menjadi kaya,dan jika ingin kaya kita harus memiliki sebuah usaha atau bisnis sendiri,padahal tidak melulu yang demikian karena kaya ini identik dengan penghasilan yang tinggi,sementara kita sebagai seorang karyawan pendapatan kita sudah dijatah pas pasan. Dan bila pun ada kenaikan juga dapat diprediksi yang angkanya hanya berkisar 5% hingga 10% nya saja per tahun.

Penghasilan yang tinggi adalah bahwa kita mendapatkan pemasukan ( cash flow ) yang besar perbulannya,sedangkan kaya adalah seberapa banyak kalian dapat menyisihkan atau menumpuk asset dari suatu penghasilan yang kalian dapatkan.

Apakah anda yang memiliki penghasilan tinggi bisa dibilang kaya? belum tentu,semua tergantung dengan cara mengelola keuangan masing masing. Meskipun penghasilan anda sangat tinggi namun pengeluaran anda jugasangat boros, maka ini tidak bisa dianggap sebagai kaya.

Memang sejatinya karyawan memiliki keterbatasan dalam hal pendapatan atau penghasilan,namun untuk bisa menjadi kaya kita tidak harus menunggu sampai memiliki penghasilan yang besar. Kalian akan tetap bisa menjadi kaya berapapun pendapatan yang kalian miliki. Sebab kemampuan kalian untuk mengumpulkan suatu kekayaan tidak dilihat dari severapa besar gaji yang kalian dapatkan,tetapi bagaimana anda anda ini mengelola penghasilan tersebut.

Dan walaupun penghasilan kita sebagai seorang karyawan pada umumnya sebatas UMR,andapun masih dapat mengumpulkan kekayaan bila mengetahui caranya. Dan beberapa cara yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :


Bersedekah

Dalam mengelola sumber keuangan,bersedekah ini sangat erat kaitannya dengan tanggung jawab kita sebagai makhluk sosial. Bila kalian memiliki penghasilan berapapun itu,jangan lupa untuk mengalokasikan dana anda guna bersedekah karena sebenarnya bersedekah tidak mengurangi harta yang kalian miliki bahkan dapat melipatgandakan harta kekayaan yang kalian miliki. Tidak percaya? bukankah ALLAH SWT telah berfirman didalam Al Qur'an yang akan melipat gandakan harta yang kalian sedekahkan hingga 700 kali lipat.

Berinvestasi

Melakukan investasi ini sangat bermanfaat sekali dimasa mendatang. Pilihlah produk produk investasi yang memberikan tingkat pengembalian yang tinggi seperti investasi di bidang property ( bangunan dan tanah ),emas,saham,dirham,dinnar dll. Carilah yang sekiranya kalian tahu dan kalian rasa aman,kebanyakan orang memilih berinvestasi di bidang property khususnya di bidang pertanahan karena semakin tahun harga tanah semakin tinggi.

Asuransi / proteksi

Asuransi dimiliki bukan karena orang pasti meninggal dunia,asuransi jiwa ini wajib dimiliki karena yang kita tinggalkan nanti dapat tetap bertahan hidup. Asuransi jiwa ini sangat diperlukan karena dapat memberikan rasa aman dan nyaman melalui antisipasi hilangnya pendapatan di masa mendatang. Salah satu produk asuransi yang terkenal adalah asuransi unit link dimana asuransi jenis ini dapat memberikan anda sebuah proteksi sekaligus investasi.

Mengatur pengeluaran / manajemen pengeluaran

Dalam merencanakan perencanaan keuangan,mengelola pengeluaran yang keluar setiap bulan adalah salah satu hal yang sangat penting. Terlebih bagi kita para karyawan yang memiliki penghasilan tetap dan nilainya pasti. Yang terpenting adalah jangan sampai pengeluaran bulanan kita melebihi pendapatan atau istilah kerennya adalah besar pasak dari pada tiang. Pengeluaran bulanan yang sangat disarankan adalah sebesar 40% dari penghasilan,bila pengeluaran anda masih diatas itu,segeralah atur ulang manajemen keuangan anda.


Nah dengan ke empat hal diatas karyawan pun bisa loh menjadi kaya. Ingat kaya tidak bisa dilihat dari seberapa besar penghasilan anda,namun seberapa jago kah anda mengelola penghasilan yang kalian dapatkan.

Semoga artikel yang sedikit panjang ini dapat memberikan motivasi dan pencerahan bagi kalian termasuk saya yang juga seorang karyawan agar mampu mengelola keuangan dengan sangat baik.



Advertisement

Advertisement