Home » » Tips Cara Ampuh Meringankan Performa Android Tanpa Aplikasi

Tips Cara Ampuh Meringankan Performa Android Tanpa Aplikasi

Advertisement
Tips Cara Ampuh Meringankan Performa Android Tanpa Aplikasi - Pada umumnya seluruh sistem operasi memiliki kinerja yang baik pada awalnya yang akan mengalami penurunan performa karena semakin banyaknya file yang disimpan didalam sistem operasi maupun karena besarnya file aplikasi yang dijalankan. Beberapa dari anda mungkin tidak menyadari ponsel android mulai melambat sampai pada akhirnya baru sadar ketika ponsel sering mengalami lag / hang / macet.

Bila anda pernah mengalami hal tersebut mungkin anda perlu memperhatikan hal hal berikut ini :

Kenali Spesifikasi Ponsel.
Beberapa masalah yang sering tidak diperhatikan oleh pemilik ponsel adalah spesifikasi dari ponsel yang dimilikinya. Spesifikasi ponsel yang rendah semisal kapasitas memory hanya sebesar 512MB tentunya tidak dapat di pasang / di instal aplikasi yang terlalu banyak.

Aplikasi Yang Terinstal.
Sedikit banyaknya aplikasi yang terinstal didalam ponsel android juga harus anda perhatikan. Pasanglah aplikasi yang memang anda perlukan saja,selebihnya bisa anda uninstal agar ponsel tidak terlalu terbebani.

Widget.
Semakin banyak widget yang anda pasang akan memperparah kondisi ponsel yang lemot. Bila tidak penting amat bisa anda musnahkan widget widget yang tidak bermanfaat seperti Widget Photo,Jam dan lain sebagainya.

Aplikasi berjalan.
Semakin banyak aplikasi yang berjalan membuat proses ram menjadi penuh dan alhasil ponsel anda akan mengalami lag atau tersendat sendat,untuk mengatasi hal ini sebaiknya anda batasi aplikasi apa saja yang otomatis berjalan dan yang tidak. Matikan proses yang tidak perlu didalam pengaturan aplikasi.

Cache File.
Yang paling SERING dilakukan oleh para pemilik ponsel android adalah melakukan uninstal aplikasi tanpa menghapus DATA terlebih dahulu. Langsung main uninstall saja sehingga file sampah yang seharusnya di bersihkan terlebih dahulu malah tertinggal didalam ponsel. Lambat laun akan mucul pesan memory penuh padahal anda sudah memindahkan semua file ke External Memory. Apakah anda pernah mengalami yang satu ini?,nah mulai sekarang bila anda ingin menguninstall sebaiknya anda clear data terlebih dahulu seperti yang saya tandai didalam gambar dibawah ini,baru anda uninstall aplikasinya.



Hal hal lain yang juga dapat anda perhatikan agar ponsel tidak berat dalam melakukan aktifitasnya jangan lupa kuga untuk mematikan fitur seperti autosincron,penggunaan micro sd dengan kecepatan read write tinggi,tinggalkan live wallpapers,dan jangan lupa untuk selalu memperbaharui sistem operasi android anda.

Advertisement

Advertisement