Home » » Cara Hemat RAM Android Dengan Disable Service App

Cara Hemat RAM Android Dengan Disable Service App

Advertisement
Melegakan ram android - dapat kita tempuh dalam berbagai cara mulai dari menghapus aplikasi yang menggunakan ram dengan kapasitas yang tinggi, mematikan aplikasi tertentu yang sedang berjalan di latar belakang, merefresh ram/menghapus ram android dan lain sebagainya.

Namun beberapa cara diatas ternyata masih tidak mampu dalam mengatasi ram android yang penuh, sebab beberapa aplikasi tertentu dapat berjalan secara otomatis walaupun telah di nonaktifkan atau dimatikan. Tapi anda tidak perlu khawatir sebab ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir penggunaan RAM di android dengan jalan mendisable service aplikasi yang berjalan, dan berikut adalah tutorial cara menghemat RAM android dengan aplikasi disable service.

disabled service app



  • Pastikan ponsel android anda sudah dalam keadaan ter root sebab aplikasi ini membutuhkan hak akses dari super user untuk berjalan.
  • Selanjutnya anda bisa mendownload dan menginstall aplikasi disable service di google playstore melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=cn.wq.disableservice
  • Setelah berhasil didownload dan di install di ponsel android, silahkan anda buka aplikasinya dan jalankan.
  • Didalam tap general Apps silahkan anda pilih aplikasi apa yang ingin dimatikan servicenya, sebagai contoh dibawah ini adalah mematikan service dari aplikasi BBM messenger.
  • Nantinya anda akan menemukan jendela baru short name, silahkan beri tanda centang service mana saja yang ingin anda matikan.
  • Jika muncul notifikasi dari Super USer pilih saja Allow atau Grant.
  • Setelah selesai mematikan service dari aplikasi yang memakan RAM android terlalu banyak, langkah selanjutnya adalah mematikan dan mereboot ponsel.


Catatan penting


  • Karena aplikasi dimatikan beberapa servicenya, maka aplikasi tersebut tidak akan dapat berjalan dengan sempurna, misal service notivikasi BBM jika dimatikan maka ketika ada pesan masuk dari BBM, notifikasinya tidak akan muncul.
  • Ada beberapa aplikasi yang sudah dimatikan servicenya namun masih tetap dapat menjalankan kembali.
  • Pastikan anda berhati hati dalam mematikan service dari aplikasi tertentu yang tergolong vital misalkan saja sistem Ui dan lain sebagainya.


Baca juga : Aplikasi membuat slide video dari foto terbaik di android

Nah itulah tadi salah satu tips ampuh menghemat RAM android dengan aplikasi disable service. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membagikan artikel ini di media sosial anda. Terimakasih dan salam oprekers.


Advertisement

Advertisement