Home » » Tips Cara Menghemat Kuota Internet Di Android

Tips Cara Menghemat Kuota Internet Di Android

Advertisement
Hemat kuota internet - memang smartphone android tidak atau kurang lengkap rasanya jika tidak memiliki koneksi internet sebab ponsel cerdas yang tidak memiliki akses ke internet sama saja dengan ponsel biasa yang hanya dapat digunakan untuk sms, telpon ataupun bermain game saja.

Memang ponsel cerdas saat ini termasuk android membutuhkan koneksi internet bila ingin melakukan sesuatu seperti maen game, mengakses media sosial dan lain sebagainya. Dan ponsel android juga terkenal dengan borosnya baterai dan juga kuota internet karena memang seluruh sistem akan langsung terkoneksi ke internet secara default. Untuk menghemat kuota internet pada ponsel android beberapa tips dibawah adalah beberapa cara menghemat pemakaian kuota internet di android.

hemat kuota


Mematikan fitur auto syncron

Fitur ini akan memberikan akses sincronisasi aplikasi langsung ke internet seperti menyinkronkan data, update terbaru, informasi terbaru dan lain sebagainya. Karena di sincron kan secara otomatis maka mau tidak mau sistem android akan melakukan pengecekan secara berkala ke internet sehingga kuota cepat sekali habis. Untuk itu anda bisa mematikan fitus auto sincron ini pada pengaturan menu setting - account - kemudian pilih akun aplikasi anda yang tidak penting untuk tidak disincronkan otomatis.

Browsing dengan crome data saver

Sering kali pengguna yang mengakses internet melalui smartphone android menggunakan browser bawaan ponsel yang dapat menyedot banyak sekali arus data. Maka dari itu rekomendasi browser yang bagus adalah browser crome yang telah diaktifkan fitur data savernya.


Hapus aplikasi yang banyak menggunakan data

dalam kenyataannya aplikasi aplikasi yang menyedot banyak sekali data malahan banyak dipakai dan di senangi contohnya saja facebook, google plus, twitter dan jejaring sosial lainnya. Semakin banyak file foto atau video yang ada didalam jejaring sosial seperti yang saya sebutkan diatas tentu penggunaan data akan jauh lebih besar untuk meload dan menampilkan foto atau video tersebut. Maka dari itu sebaiknya anda menghapus aplikasi tidak berguna ini, jika memang kalian ingin mengaksesnya silahkan akses melalui browser crome. Memang sedikit ribet namun dengan cara ini kuota internet anda akan jauh lebih hemat ketimbang menginstall aplikasi aplikasi tersebut.


Batasan update apps di google play

Sering kali aplikasi aplikasi yang kita gunakan telah mengupdate atau memperbarui diri tanpa sepengetahuan kita karena memang kita telah menyetel auto update. Ya memang boleh saja kita mengaktifkan auto update namun sebaiknya anda beri batasan juga jika perangkat terkoneksi wifii. Jadi aplikasi tidak akan mengupdate diri jika tidak terkoneksi dengan jaringan wifii.

Matikan fitur auto download didalam apps tertentu

Banyak sekali aplikasi chatting seperti line, facebook messenger ataupun whatshap yang dapat kita gunakan untuk saling berbagi file baik itu lagu, foto maupun video. Dan beberapa dari aplikasi tersebut memiliki fitur auto download yang bisa dimatikan seperti contohnya adalah pada aplikasi whatshap, kita dapat mematikan fitur auto download agar penggunaan data dapat di minimalisir.

Matikan koneksi internet bila tidak dibutuhkan

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan penghematan kuota pada smartphone android adalah dengan cara mematikan koneksi internet jika ponsel sedang tidak digunakan.


Baca juga : Kunci jawaban game tebak gambar terlengkap

Nah bagaimana menurut mu ? semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan.


Advertisement

Advertisement