Home » » Penyebab Android Smartphone Cepat Panas

Penyebab Android Smartphone Cepat Panas

Advertisement
Penyebab smartphone panas - sering kali kita merasakan panas pada ponsel android kita ketika sedang digunakan. Tentu saja hal ini membuat kita menjadi khawatir akan kemungkinan kemungkinan buruk seperti kasus yang sudah banyak beredar di internet bahwa ponsel mereka meledak.

Smartphone yang meledak biasanya pasti diawali dengan meningkatnya suhu ponsel yang memanas dan pada akhirnya dapat meledak, dan pada umumnya hal ini terjadi pada ponsel android bukan premium alias ponsel android biasa.

ponsel android meledak
Ponsel meledak disaku celana image source : dailymail.co.uk


dari kejadian ini maka sebaiknya anda perlu mengetahui apa saja penyebab Hp android cepat panas agar nantinya anda bisa mengambil tindakan pencegahan dengan segera. Dan beberapa penyebab umum kenapa smartphone android menjadi panas diantaranya adalah sebagai berikut.

Charger bukan original

Setiap ponsel pasti memiliki sebuah charger original untuk mengisi daya pada baterai ketika kita sedang kehabisan baterai. Dan besarnya tegangan serta arus output dari tiap smartphone berbeda walaupun dengan merk yang sama. Terkadang ketika ada yang mengalami kerusakan charger mereka memilih meminjam teman yang sama sama port nx, mereka tidak memperhatikan seberapa besar daya dan arus out put. Tindakan ini sangatlah berbahaya dan dapat mengakibatkan ponsel menjadi panas ketika di carger. Oleh karena itu jika kalian rusak chargernya sebaiknya membeli yang baru dan original.

Sinyal provider / internet jelek

Dalam kondisi tertentu dimana anda sedang berada pada suatu area yang memiliki sinyal jelek misal di puncak atau di daerah pedalaman tentu saja sinyal disana akan susah didapatkan. Dan tahukah anda bahwa menyalakan ponsel pada tempat seperti itu mengharuskan ponsel mencari secara terus menerus jaringan yang stabil yang lama kelamaan akan membuat hp android mengalami kenaikan suhu.

Oleh sebab itu jika kalian sedang berada pada tpt seperti ini ada baiknya mematikan ponsel, toh tidak ada sinyal untuk digunakan berkomunikasi. Jikalau hanya sekedar ingin memainkan game yang tidak membutuhkan sambungan internet kalian bisa mengubah status ponsel menjadi mode penerbangan atau fligh mode.


Ponsel tidak berada di area sirkulasi udara yang bagus

Percaya atau tidak sirkulasi udara juga sangat berpengaruh terhadap suhu sebuah ponsel. Jika ponsel diletakkan pada tempat yang kurang sirkulasi udaranya juga bisa membuat suhunya menjadi nsik seperti salah satunya ketika anda memasukkan kedalam saku dan terjepit. Memang kenaikan suhunya tidak signifikan dan hanya perlahan saja, namun hal ini tetap saja berbahaya jika anda biarkan. Usahakan menaruh smartphone pada lokasi atau tempat yang cukup mendapatkan sirkulasi udara.

Menggunakan multitasking yang berlebihan.

Multitasking adalah menggunakan dua atau lebih secara bersamaan dalam sebuah ponsel. Misalnya anda sedang membuka 2 game, Internet, dan aplikasi chatting sekaligus.  Dan lebih parahnya anda tidak menutup aplikasi aplikasi tadi dengan baik dengan hanya menekan tombol home sehingga status aplikasi tersebut menjadi iddle dan penggunaan RAM menjadi penuh. Hsl ini selain dapat meningkatkan suhu secara signifikan juga dapat membuat smsrtphone anda menjadi lemot.

Nah maka dari itu jika kalian selesai menggunakan sebuah aplikasi, tutuplah dengan benar yakni memencet tombol back hingga aplikasi keluar ketimbang menekan tombol home. Secara default semua ponsel android setting kecepatan multitasking androidnya disetel pada level low yang penggunaannya tidak bisa dipaksakan dan menjaga smartphone tidak mengalami overheating.


Mencharger sambil memainkan HP

banyak sekali pengguna smartphone yang melakukan kesalahan seperti ini yakni mengecas sambil memainkan game kesayangan mereka. Padahal cara ini sangat tidak diperbolehkan didalam buku panduan smartphone android manapun. Karena mencharger sambil memainkan HP akan beresiko naiknya suhu ponsel dan akibat paling fatal adalah meledak.

Bila kalian saat ini sedang mencharger sebaiknya letakkan ponsel anda dsn tunggu sampai baterai terisi full baru bisa anda gunakan kembali. Cara ini juga dapat memperpanjang usia baterai android kesayangan anda. Oh iya, jangan juga lakukan pengisian daya hp sambil di bawa tidur karena hal ini sangat berbahaya.

Baterai sudah rusak

Jika panas berlebih ketika ponsel sedang dicarger terjadi berulang kali anda patut mencurigai bahwa baterai ponsel bermasalah asalkan anda tidak melanggar point diatas seperti menggunakan charger imitasi atau menggunakan hp ketika dicas. Baterai yang rusak juga memiliki tanda demikian, suhu menjadi panas secara spontan, baterai cepat terisi penuh dan cepat habis. Bila anda menemukan indikasi seperti ini sebaiknya segera ganti baterai anda.


Baca juga : Jenis base defense di clash of clans

Nah bagaimana apakah anda sudah paham kenapa baterai android bisa cepat panas ?. Semoga bermanfaat.



Advertisement

Advertisement