Home » » OS android yang open source

OS android yang open source

Advertisement
open source???





 apasih sebenarnya open source itu??
mungkin teman teman masih ada yang belum tahu apa itu open source ??
sebenarnya saya juga belum begitu paham sih ,,tp setelah mencari cari dalam kamus dan situs2 terpercaya,(hehehehee)
         Definisi Open source sendiri adalah suatu sistem yang dalam pengembangannya yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu,perusahaandsb. tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber atau source code yang tersebar dan tersedia secara bebas,biasanya terdapat pada internet. Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar,atau pasar malam untuk istilah mudahnya.
        sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya :yaitu adanya dorongan yang bersumber dari memberi dan berbagi, yang berarti ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaatnya, kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa ia berikan kembali kepada orang banyak.
     
      Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa didasari tanggung jawab.
       Pada intinya konsep sumber terbuka adalah membuka "kode sumber" dari sebuah perangkat lunak/software. Konsep ini terasa aneh pada awalnya dikarenakan kode sumber merupakan kunci dari sebuah perangkat lunak yang notabene pada masa dahulu hanyalah perusahaan sistim tertentu yang boleh tahu dan terbatas pada kelompoknya .
     Dengan diketahui logika yang ada di kode sumber, maka orang lain semestinya dapat membuat perangkat lunak yang sama fungsinya. Sumber terbuka hanya sebatas itu. Artinya, dia tidak harus gratis. Definisi sumber terbuka yang asli adalah seperti tertuang dalam OSD (Open Source Definition)

adapun  Syarat-syarat distribusi open source software harus memenuhi kriteria sebagai berikut: 



 1. Gratis Redistribusi     Lisensi tidak akan membatasi pihak manapun dari menjual atau memberikan software sebagai        bagian dari distribusi software terpadu yang memuat program-program dari beberapa sumber yang berbeda. Lisensi tidak akan memerlukan sebuah royalti atau biaya lain untuk penjualan tersebut. 
2. Sumber KodeProgram harus menyertakan kode sumber, dan harus mengizinkan distribusi kode sumber maupun bentuk jadi. Di mana beberapa bentuk produk tidak didistribusikan dengan kode sumber, harus ada dipublikasikan dengan baik cara memperoleh kode sumber untuk tidak lebih dari biaya reproduksi yang masuk akal disukai, men-download melalui internet tanpa biaya. Kode sumber harus dalam bentuk yang memudahkan programmer untuk memodifikasi program tersebut. Source code sengaja dikaburkan tidak diperbolehkan. Bentuk intermediet, seperti output preprosesor atau translator tidak diperbolehkan.

3. Berasal PekerjaanLisensi harus memungkinkan modifikasi dan pekerjaan turunan, serta harus memungkinkan mereka untuk didistribusikan di bawah persyaratan yang sama seperti lisensi perangkat lunak asli. 

4. Integritas Kode Sumber The PenulisLisensi dapat membatasi kode sumber untuk didistribusikan ulang dalam bentuk termodifikasi hanya jika lisensi mengizinkan distribusi "file patch" dengan kode sumber untuk tujuan memodifikasi program pada waktu membangun. Lisensi harus secara eksplisit mengizinkan distribusi software yang dibangun dari modifikasi kode sumber. Lisensi mungkin memerlukan pekerjaan turunan untuk membawa nama atau versi yang berbeda dari software aslinya. 
5. Tidak ada Diskriminasi terhadap Orang atau GrupLisensi tidak boleh mendiskriminasikan seseorang atau sekelompok orang. 
6. Tidak ada Diskriminasi terhadap Fields of EndeavorLisensi tidak boleh melarang siapapun untuk memanfaatkan program dalam bidang atau usaha tertentu. Misalnya, tidak boleh melarang program untuk digunakan di bidang bisnis, atau digunakan untuk penelitian genetik. 
7. Distribusi LisensiHak-hak yang melekat pada program harus berlaku untuk semua untuk siapa program ini didistribusikan tanpa perlu eksekusi dari suatu lisensi tambahan oleh pihak-pihak. 
8. Lisensi Tidak Spesifik untuk sebuah Produk Hak-hak yang melekat pada program tidak boleh tergantung pada bagian program menjadi suatu distribusi software tertentu. Jika program disarikan dari distribusi tersebut dan digunakan atau didistribusikan di bawah lisensi program, semua pihak kepada siapa program ini didistribusikan harus memiliki hak yang sama seperti orang-orang yang diberikan dalam hubungannya dengan distribusi perangkat lunak yang asli. 
9. Lisensi Tidak Membatasi Software Lain .Lisensi tidak boleh melakukan pembatasan terhadap software lain yang didistribusikan bersama dengan software berlisensi. Sebagai contoh, lisensi tidak boleh memaksa bahwa semua program lain yang didistribusikan pada media yang sama harus perangkat lunak open source. 
10. Lisensi Harus bersifatTechnologi-Netral






      jadi dalam open source nx sistim android kita diperbolehkan untuk ikut serta membantu mengembangkan sistim tersebut.karena source source yang ada pada android sistim tidak dirahasiakan lagi (walaupun itu dalam tanda kutip sebagaian kecilnya saja )berbeda hal nya dengan sistim sistim selain android. istilahnya itu rahasia perusahaan gitu,,heheheee.
     dengan adanya sistim yang open source inipun orang yang tidak tahu menahu pun bisa belajar dengan mudahnya.dan semakin mahir dalam mengotak atik sistim tsb. 




disadur dr dr berbagai sumber ,dan : thanks to all and to http://opensource.org/osdhttp://opensource.org/osd

Advertisement

Advertisement