Home » » Penyebab Blog Sepi Pengunjung Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Blog Sepi Pengunjung Dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Atasi blog sepi pengunjung - kebanyakan para sobat blogger membuat situs berbasis blog ialah untuk memperoleh penghasilan sampingan dari blog-blog mereka melalui program program iklan seperti google adsense, kliksaya, sitti, ADrewa dan lain sebagainya. Hanya sebagian kecil saja para blogger yang mengelola sebuah blog untuk sekedar menyalurkan hoby menulisnya.

Bila blog milik kita banyak dikunjungi oleh para visitor tentu saja kemungkinan penghasilan dari memasang iklan didalam blog menjadi meningkat. Hanya saja meramaikan sebuah blog bukanlah sebuah perkara yang mudah karena memang membutukan perjuangan yang panjang. Dan banyak sekali para blogger pemula seperti saya mempertanyakan pertanyaan yang seperti ini ” Kenapaaa ya blog ku kok masih sepi?. ” atau “ kenapa blog saya tidak kunjung ramai seperti blog disebelah?. ”



trafik blog

Nah beberapa kemungkinan kenapa blog kalian tidak kunjung ramai walaupun sudah menulis artikel yang banyak bisa saja anda melewati beberapa hal dibawah ini.

Penyebab blog sepi pengunjung


1. Konten blog tidak menarik

Dimana mana sesuatu hal yang tidak menarik tentu saja tidak akan dilirik oleh orang lain, sama halnya dengan sebuah blog jika tidak memiliki sesuatu yang menarik didalamnya tentu saja orang yang berkunjung kedalam bog anda menjadi malas membaca dan pada akhirnya blog menjadi sepi pengunjungnya. Maka dari itu buatlah konten blog semenarik mungkin, cari tahu konten yang seperti apa yang biasanya disukai oleh pengunjung. Anda bisa melakukan sebuah survey kecil kecilan melalui sosial media yang kalian miliki seperti facebook ataupun bisa mensurvey secara langsung ke teman teman dekat anda.

2. Blog berisi artikel musiman / sesaat

Memang artikel yang sifatnya musiman akan langsung bisa mendatangkan banyak sekali visitor, namun dengan seiringnya waktu, maka lambat laun visitor akan menurun dan kembali seperti sedia kala. Maka dari itu sebaiknya anda membuat sebuah artikel yang sifatnya abadi atau bersifat evergreen, sebab artikel yang sifatnya abadi ini ya sudah tentu akan selalu didatangi karena memang yang membutuhkan artikel tersebut selalu saja ada. Contoh kecil artikel musiman adalah yang seperti di koran koran .

3. Loading website atau blog lambat

Salah satu hal yang tidak disukai oleh pengunjung di internet termasuk saya adalah karena loading blog yang ingin kita baca artikelnya tersebut sangatlah lama sehingga mereka lebih baik menutup blog milik anda dan mencari sumber referensi artikel yang baru di blog atau website lain. Nah maka dari itu anda juga harus memperhatikan kecepatan loading blog ( page speed website ) yang kalian miliki.

4. Tidak mau belajar SEO

SEO adalah salah satu trik atau cara untuk memanipulasi sebuah halaman website agar dapat muncul pada halaman utama dari hasil pencarian di mesin pencari. Menerapkan ilmu SEO ini sangat wajib hukumnya bagi anda yang baru membangun sebuah website agar dapat bersaing dengan blog lain. Untuk itu cobalah belajar tehnik SEO yang sudah banyak sekali diajarkan oleh beberapa master blogger di tanah air yang mana telah banyak mengulas tehnik SEO dari A sampai Z. Tanpa SEO maka blog kalian pun tidak dapat bersaing, sehingga untuk menarik jumlah pengunjung pun sangat sulit.

5. Navigasi blog asal asalan dan membingungkan

Navigasi adalah sebuah menu yang mampu menuntun pengunjung kedalam setiap artikel yang dibutuhkannya, tanpa navigasi yang jelas tentu pengunjung akan kesulitan untuk menjelajah seluruh isi website yang kalian kelola. Oleh sebab itu pastikan anda memasang beberapa navigasi penting yang diantaranya adalah daftar isi, label blog, dan juga arsip blog.


6. Jumlah artikel blog yang terlalu sedikit

Jika kalian ingin memiliki blog yang banyak sekali pengunjung, hal yang harus kalian maksimalkan adalah dengan membuat konten yang kaya manfaat dan juga banyak. Percuma jika artikel yang kalian buat sangat bermanfaat tapi jumlahnya hanya 5 artikel saja. Logikanya seperti sebuah toko, jika didalam toko tersebut menjual aneka ragam produk dan juga banyak stoknya tentu para pembeli akan selalu datang silih berganti, bahkan mereka pun nantinya akan menjadi pelanggan setia di toko tersebut.


Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membuat blog menjadi ramai dengan menarik jumlah visitor sebanyak - banyaknya dan beberapa diantaranya adalah dengan berbagi link ke jejaring media sosial namun anda harus berhati - hati agar tidak dianggap spam oleh google. Cara lain anda dapat memberi tautan link di dalam posting ber view tinggi kemudian diarahkan ke postingan yang paling sedikit view nya.

blog ramai

Gambar diatas adalah contoh dari beberapa artikel saya kebetulan ada yang sedikit sekali pembacanya kemudian saya terapkan dua cara diatas dan hasilnya sekarang rata - rata hampir seimbang. Mungkin cukup sekian curhatan saya kali ini dan semoga bagi teman blogger yang memiliki masalah yang sama dapat dengan segera mengatasinya.

Baca juga : Penyebab iklan adsense tidak muncul di blog

Semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat kepada teman blogger yang saat ini mungkin sedang mengalami blognya tidak kunjung ramai. Salam blogger.


Advertisement

Advertisement