Home » » Cara Mengetahui Brokenlink Cara Mengatasi Brokenlink di blog

Cara Mengetahui Brokenlink Cara Mengatasi Brokenlink di blog

Advertisement
Cara mencari brokenlink didalam sebuah website atau blog sebenarnya tidaklah begitu sulit karena banyak sekali tool online brokenlink cecker yang dapat anda manfaatkan secara gratis untuk secara otomatis melakukan analisa dan memberitahukan kepada anda link mana saja didalam blog yang rusak.

Banyak sekali penyebab terjadinya brokenlink baik kesalahan pengguna ketika mengetikkan url ataupun karena faktor lain,berikut adalah biasanya yang menyebabkan brokenlink didalam sebuah blog.

Penyebab Terjadinya Brokenlink | Penyebab Brokenlink

mencari sebuah brokenlink


Salah dalam mengetikkan url ketika menyematkannya kedalam anchor

Misalkan saja anda akan menyematkan url homepage blog kedalam sebuah anchor,dan tanpa anda perhatikan anda menulis url yang salah misalkan saja www.berlalu.om , yang seharusnya anda ketik adalah www.berlalu.com.

Brokenlink karena kesalahan melakukan copas

Beberapa blogger lebih suka dengan yang namanya copas bukan?,bahkan termasuk saya juga lebih mengandalkan copas ketimbang mengetikkan secara manual sepertihaknya mengkopas sebuah url download playstore dan menyematkannya kedalam anchor text. Kesalahan umum ketika melakukan copas adalah anda tidak memblock url sepenuhnya,kemungkinan satu atau dua kata yang tidak terblock sehingga url tersebut invalid.


Brokenlink karena file url telah dihapus

Penyebab brokenlink yang selanjutnya adalah karena dihapusnya file atau url tujuan dari dalam blog kita ( outbound link ) baik oleh kita sendiri maupun oleh si pemilik url. Misalkan saja anda membuat internal link menuju ke artikel lain didalam blog anda,kemudian suatu saat anda hapus url tujuan tersebut dan terjadilah brokenlink.
Atau contoh kedua adalah anda memberikan link download menuju ke website berbagi pakai seperti 4shared,zippyshare,mediafire dan sebagainya namun url yang dahulunya ada disana telah dihapus baik oleh ownernya maupun oleh sistem website berbagi pakai karena menyalahi aturan sehingga terjadilah brokenlink


Untuk mengatasi atau meminimalisasi adanga sebuah brokenlink didalam blog kita,maka sebaiknya anda lakukan pengecekan setiap satu atau dua bulan sekali menggunakan tool online broken link cecker. Ingat sebuah blog atau website yang memiliki banyak brokenlink akan dipandang sebelah mata oleh mesin pencari google dan bahkan tidak memungkiri bila nantinya index dari bog kalian akan diturunkan.

Cara mencari brokenlink otomatis di blog


Adapun cara yang biasa saya lakukan adalah sebagai berikut.

  • pertama silahkan anda masuk kedalam website bernama http://www.brokenlinkcheck.com/
  • Setelah itu masukkan alamat website atau blog sobat,dan bila diminta memasukkan captha verification isi saja dan kemudian klik ENTER.
  • Maka secara otomatis situs tersebut akan menganalisa link mana saja yang telah rusak didalam blog milik anda.
  • Dan yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan membenahi url url invalid tersebut dengan cara anda sendiri,bisa mencarikan url baru atau menghapus saja.

tutorial mengatasi brokenlink


Dengan selalu rajin memantau blog secara berkala dan menghindari brokenlink insya allah blog kalian akan terhindar dari kaburnya pengunjung,turunnya index blog dan lain sebagainya.
Salam blogger,salam lemper.


Artikel ini juga dicari dengan kata kunci yang seperti berikut




Advertisement

Advertisement