Home » » Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id

Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id

Advertisement
Domain blogger berubah dimulai tadi pagi entah tepatnya saya kurang begitu tahu,saya sendiri juga tahu hal ini karena salah satu teman saya memberitahukan kepada saya bahwa domain yang semula blogspot.com berubah menjadi blogspot.co.id,dan memang benar ketika saya cek seluruh url subbdomain blogspot saya berubah menjadi blogspot.co.id semua.

Apakah saya kaget?

Tentu saja tidak karena kabar mengenai perubahan url domain yang akan disesuaikan sesuai domisili negara si pembuka url blogspot sudah santer terdengar di pertengahan tahun 2012 an. Memang kemarin kemarin hanya sebagian orang saja yang mengalami berubahnya url tersebut dan kebanyakan datang dari jepang ( blogspot.jp ) dan dari inggris ( blogspot.co.uk ) karena kemungkinan ada pengunjung kalian yang mengakses dari kedua negara tersebut,dan memang negara negara lain telah memberlakukan aturan ini ( indonesia kala itu belum,baru mulai tadi pagi memberlakukan aturan ini ).

domain name


Akhiran domain yang ada tersebut dinamakan Country-Code Top Level Domain ( ccTLD ) atau bahasa awamnya adalah Domain TLD lokal, yang memiliki fungsi utama sebagai penanda darimanakah website kita diakses. Lalu apakah ada dampak buruk bagi website blogspot kita dengan dimulainya aturan baru seperti ini? tentu saja ada,mulai dari duplikat konten yang langsung membengkak hingga iklan adsense yang tidak muncul,karena banyak teman saya yang mengatakan iklan adsense mereka tidak muncul sejak domain blogspot.com tersebut berubah menjadi blogspot.co.id

Kenapa kok sampai domain berubah seperti itu?

Setiap negara tentu memiliki peraturannya masing masing termasuk salah satunya adalah aturan didalam mengelola sebuah domain. untuk dapat diketahui bahwa indonesia sendiri juga memiliki lembaga yang mengurusi hal semacam ini yakni IDNIC (www.idnic.net.id) yang ditunjuk oleh ICANN untuk mengatur dan mengelola domain di indonesia.

jadi pada intinya adalah bila domain TLD lokal terikat dengan hukum wilayah negara yang bersangkutan,dan bilamana domain tersebut disalah gunakan maka pengelola atau pemilik domain tersebut dapat dipidanakan.

Sebenarnya kita bisa tetap menggunakan akhiran .com dengan menambahkan beberapa baris kode redirect didalam template blog bila kalian mau,silahkan lanjutkan membaca artikel cara merubah blogspot.co.id menjadi blogspot.com kembali di artikel selanjutnya ya..



Advertisement

Advertisement