Home » » Tips Memilih Hardisk External Yang Bagus

Tips Memilih Hardisk External Yang Bagus

Advertisement
Cara memilih hardisk external - memang membutuhkan pengetahuan dan kejelian pasalnya saat ini banyak sekali hardisk external yang dijual dipasaran dengan harga murah namun ternyata setelah dibeli hasilnya sangat mengecewakan.

Untuk itu bagi kalian yang hendak membeli sebuah hardisk external harus mengetahui spesifikasi dari hardisk yang kalian inginkan apakah sudah sesuai dengan apa yang di inginkan ataukah tidak. Di bawah ini kami berikan tips memilih external hardisk yang bagus yang bisa kalian jadikan panduan didalam membeli external disk ini.

hardisk external
external hardisk via winpoin.com


Pastikan budget anda mencukupi

Yang pertama kali harus kalian siapkan adalah masalah anggaran atau dana yang digunakan untuk membeli sebuah external hardisk. Sangat lucu sekali bila kita ingin membeli hardisk namun tidak memiliki uang.

Pilih merk yang sudah terkenal

Merk terkenal saja belum bisa dijadikan tolak ukur dari kinerja sebuah external hardisk, apa lagi merk merk yang tidak terkenal sama sekali. Maka dari itu pastikan hanya membeli produk yang sudah terkenal saja, jangan pernah coba coba membeli hardisk tak bermerk walaupun di iming imingi spesifikasi gahar sekalipun.


Cari harga pembanding

Setelah anda memilik beberapa merk hardisk external yang hendak dibeli, langkah selanjutnya adalah dengan mencari harga pembanding atau harga pasarannya. Kalian bisa memanfaatkan internet untuk mencari informasi mengenai hardisk yang hendak kalian beli nantinya. Hal ini bertujuan agar anda tahu dan tidak mudah dibohongi oleh penjual nakal.


Sistem operasi hardisk

Yang tak kalah penting didalam membeli sebuah hardisk external berikutnya adalah mengenai sistem operasi dari hardisk yang bersangkutan. Apakah sistem tersebut HFS+ ataukah NTFS, HFS+ ini cocok digunakan untuk MAC, sedangkan sistem operasi NTFS ini lebih cocok digunakan untuk Windoes PC.

Kapasitas Hard Disk Eksternal

Selanjutnya adalah masalah kapasitas yang mampu ditampung oleh hardisk yang kalian inginkan. Pastikan pilih yang berkapasitas besar misalkan sata 1 Terabite. Jangan sampai anda membeli ukuran yang lebih kecil kemudian menyesal dikemudian hari karena ternyata file file yang hendak disimpan besar. Untuk harganya pun tentu saja bervariasi.

Kecepatan Transfer

Kecepatan transfer sebuah hardisk pun juga harus kalian perhatikan. Jangan sampai membeli hardisk berkapasitas besar namun kecepatan transfernya lemot. Kecepatan transfer atau baca tulis ini dipengaruhi oleh kecepatan putaran piringan hardisk yang bisa disebut dengan rpm.

Perhatikan fitur didalamnya

Setiap produk tentu saja memiliki fitur yang tersemat didalamnya seperti contohnya adalah fungsi bluethooth, camera dan lain sebagainya. Dan yang terpenting adalah fitur anti guncang dimana bila hardisk tidak sengaja jatuh, file yang ada didalamnya tidak ikut rusak. Hardisk external yang memiliki fitur ini biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal ketimbang yang model biasa.

Baca juga : Hati hati, sering menggunakan gadget bisa membuat anda cepat tua

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa kalian gunakan sebagai panduan dalam membeli sebuah external hardisk, semoga bermanfaat dan selamat berbelanja.


Advertisement

Advertisement