Home » » Cara Mengetahui Artikel Yang Dicopas Dan Mengatasinya

Cara Mengetahui Artikel Yang Dicopas Dan Mengatasinya

Advertisement
Cara mengetahui artikel yang dicopas - dengan makin tumbuhnya teknologi zaman serta semakin banyaknya kebutuhan kita akan sebuah teknologi informasi, maka banyak media massa yang aktif menampilkan informasi informasi terkini baik tentang tehnologi, kesehatan, politik, dan lain lain.

Begitu pun juga kita para blogger yang juga ingin meramaikan hal tersebut dengan membuat blog atau website dengan tujuan untuk saling berbagi informasi kepada para pembacanya. Akan tetapi sangat menjengkelkan bila kita sudah bersusah payah dalam menulis sebuah artikel lalu tiba tiba artikel milik kita diambil oleh orang lain tanpa ijin dan tanpa memberikan sumber darimana artikel tersebut diambil.

copyscape


Memang kegiatan mencopas sebuah artikel di dunia blogging seperti tiada matinya bahkan beberapa diantaranya tidak beretika sama sekali, oleh sebab itu anda jangan sampai melakukan hal hal yang demikian karena selain citra anda menjadi buruk juga merugikan website asli pembuat artikel tersebut yang telah anda copas.

Lalu bagaimana caranya mengetahui artikel kita di copas oleh orang lain ?

Di internet banyak sekali tool online yang bisa anda gunakan secara gratis untuk mencari website mana saja yang telah mempublish ulang artikel milik kalian tanpa ijin.


  1. Pertama silahkan anda kunjungi website plagiarsm cecker yang bernama copyscape di www.copyscape.com
  2. Selanjutnya setelah halaman website tersebut terbuka, isikan url blog atau website milik kalian kemudian klik enter atau klik tombol GO dan seketika itu copyscape akan memberikan kalian data website mana saja yang telah mempublish artikel milik kalian tanpa ijin.


Setelah anda berhasil mencari informasi website atau blog mana saja yang telah menggunakan artikel milik anda tanpa ijin, anda bisa melayangkan surat teguran baik melalui email, via kotak komentar atau apapun yang bisa anda gunakan untuk mengkontak si pemilik website. Namun bila mereka tidak menghuraukan teguran anda, silahkan ambil langkah tegas yakni melaporkan ke google-DMCA agar blog yang bersangkutan ditarik artikelnya.

Baca juga : Penyebab blog sepi pengunjung dan cara mengatasinya

Untuk cara melaporkan artikel yang dicopas sobat bisa melihatnya pada artikel selanjutnya yaitu Cara melaporkan artikel yang dicopas ke google. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang saat ini memiliki masalah artikel di copas blog lain.


Advertisement

Advertisement