Home » » Cara Lapor Artikel Dicopas Ke Google DMCA

Cara Lapor Artikel Dicopas Ke Google DMCA

Advertisement
Melaporkan artikel yang dicopake google - Memang sangat menjengkelkan sekali bila kita mendapati orang yang telah mencopas artikel milik kita tanpa ijin yang kemudian setelah ditegur mereka tidak menghiraukan teguran dari kita.

Dan jalan satu satunya untuk mengatasi hal ini adalah melaporkan tindakan ini langsung ke google melalui DMCA TAKEDOWN. Disini anda akan diminta mengisi seluruh data diri anda serta data data blog yang dicurigai melakukan tindakan copas yang nantinya tim dari google akan turun tangan dan jika memang terbukti melanggar, maka artikel hasil copas tadi akan dikembalikan lagi oleh google kedalam draf. Dan jika sebuah blog terlalu sering menerima DMCA TAKEDOWN ini biasanya akan dihapus oleh google.

copas artikel
picture via quertime.com


Untuk melaporkan tindakan copas ke google syaratnya adalah si copassser menggunakan blogspot, jika mereka menggunakan wordpress atau yang lainnya anda bisa langsung mengkontak hosting dari situs yang bersangkutan.

Silahkan anda kunjungi link https://support.google.com/legal/contact/lr_dmca?product=blogger untuk melaporkan, dan silahkan isi data yang diminta selengkap mungkin yang isinya kurang lebih seperti dibawah ini.


1. Nama
Isi dengan nama lengkap anda

2. Nama perusahaan
Isi dengan nama blog anda

3. Nama lengkap pemilik hak cipta
Isi dengan nama lengkap anda

4. Negara
Isi dengan negara dimana kalian tinggal

5. Dimana kami bisa lihat contoh
Isi dengan url blog yang diduga melakukan copas

6. Identifikasi dan uraian
Isi saja dengan url blog milik anda yang telah dicopas dan tanggal lengkap artikel anda ketika diterbitkan.

7. Tanda tangan
Isi dengan nama lengkap anda

Setelah itu silahkan anda beri tanda centang kotak kotak isian yang menyatakan bahwa anda bersumpah dibawah hukum bahwa informasi yang anda berikan adalah benar lalu klik tombol kirim. Tunggu beberapa saat,nanti anda akan memperoleh email pemberitahuan dari google.
sering seringlah cek email.:-).

Meskipun mereka melakukan perubah atau mengganti tanggal postingan mereka hal ini tidaklah berguna sama sekali sebab google memiliki data lengkap dari blog yang mereka naungi. Untuk cara mengetahui artikel yang dicopas bisa anda lihat di posting sebelumnya yaitu cara mengetahui artikel yang dicopas blog lain.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada teman blogger yang mungkin saja artikel buatan anda sendiri diambil orang tanpa sepengetahuan anda.


Advertisement

Advertisement