Home » » Roda Mobil Mencicit Ketika Belok Normalkah ?

Roda Mobil Mencicit Ketika Belok Normalkah ?

Advertisement
Ban mobil bunyi - salah satu keluhan yang paling banyak dirasakan oleh pemilik kendaraan roda empat adalah mengenai bunyi bunyi pada kendaraan mereka. Dan beberapa diantaranya banyak yang mengeluhkan munculnya bunyi mencicit ketika mobil belok. Apakah bunyi yang timbul tersebut normal ataukah tidak banyak yang tidak mengerti sehingga berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bunyi yang timbul tersebut.

Nah didalam artikel kali ini kami akan memberikan beberapa informasi detail mengenai ban mobil bunyi ketika belok dan semoga artikel berikut dapat memberikan manfaat bagi pembaca khususnya yang mengalami problem seperti ini.

corvette supercar
supercar via digitaltrends.com

Penyebab bunyi pada ban mobil

Untuk faktor penyebab bunyi ban yang mencicit banyak sekali mulai dari pemasangan velg yang terlalu lebar, menggunakan ukuran ban diluar standard, memodifikasi kendaraan terlalu extrem dan lain sebagainya. Oleh sebab itu kita perlu memeriksa histori kendaraan apakah pernah dilakukan modifikasi ataukah tidak ?. Dan bila ternyata mobil tidak pernah dimodifikasi maka jawabannya hanya satu.

Biasanya bunyi mencicit pada ban tersebut adalah bunyi seperti karet atau ban yang berderit, suara akan terdengar sangat keras ketika mobil berada pada permukaan yang licin misalnya keramik dan lain sebagainya. Dan hal ini adalah sangat wajar dan bukan suatu masalah sebab semua mobil akan mengalami bunyi atau decit atau derit jika melewati jalanan dengan permukaan licin semisal keramik ataupun plesteran. Anda tidak usah khawatir dengan kejadian ini.

Lalu apa alasan ban berderit pada permukaan licin seperti keramik ?

Ban mobil terbuat dari bahan dasar karet, dan salah satu sifat karet adalah cekat atau memiliki daya cengkeram yang tinggi terutama pada permukaan benda yang datar. Sehingga bila mobil melintasi permukaan yang datar, cengkeraman ban akan lebih kuat terhadap permukaan tersebut sehingga timbullah suara derit ban.

Pernahkah anda melihat pertandingan bola basket ?. Bila iya coba dengarkan suara sepatu para pemain basket tersebut mengeluarkan bunyi derit yang sangat keras. Bunyi tersebut timbul akibat gesekan antara lapisan karet anti slip pada permukaan telapak sepatu terhadap lapangan basket yang sangat bersih, licin dan mengkilat.

Apakah bunyi berdecit pada ban dapat dihilangkan dan bagaimana caranya ?

Banyak orang yang salah mengartikan jika timbul bunyi decit pada ban diakibatkan karena spooring dan balancing nya bermasalah padahal itu tidaklah benar. Walaupun anda setel sedemikian rupa hasilnya akan tetap sama yakni mengeluarkan bunyi. Bila memang anda menginginkan bunyi tersebut hilang bisa dilakukan penggantian ban yang memiliki permukaan rata alias tidak terlalu banyak motif. Sebab semakin banyak motif atau batik pada ban akan membuat daya cengkeram ban terhadap lantai semakin kuat atau besar sehingga muncul bunyi decit.

Baca juga : Bocoran harga yamaha MT 10 indonesia

Nah semoga setelah membaca artikel ini dapat memberikan pemahaman dan referensi bagi anda yang saat ini sedang kebingungan karena ban mobil bunyi berdecit.


Advertisement

Advertisement