Home » » Awas ! Akibat Balljoint Rusak Setir Bisa Menjadi Berat

Awas ! Akibat Balljoint Rusak Setir Bisa Menjadi Berat

Advertisement
Kerusakan ball joint - ball joint ialah salah satu komponen yang termasuk ke dalam bagian understeel mobil. Fungsi dari ball joint ini sangatlah penting untuk mengikat didikan knucle atau As roda agar tidak bergeser dari sudut sudut geometri roda tersebut.

Terkadang orang malas untuk mengecek kerusakan komponen yang satu ini padahal jika sampai ball joint ini sampai rusak selain akan membuat pengendalian mobil menjadi tidak nyaman, setir pun menjadi sangat berat dan yang paling parah adalah terlepasnya ball joint yang berujung lepasnya ban juga dari dudukannya.

balljoint patah
Ball joint atas mobil yang patah


Penyebab kerusakan ball joint mobil

Sebab musabab dari rusaknya ball joint ini pun sangat beragam sekali yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Sering melewati jalanan rusak dengan kecepatan tinggi dan tidak menghiraukan dampak akan rusaknya understeel mobil.
  • Penggunaan suku cadang yang bukan original atau imitasi.
  • Jarang melakukan spooring balancing mobil secara berkala. 
  • Cara pemakaian kendaraan yang ugal ugalan, banting kiri banting kanan se enaknya.
  • kesalahan penyetelan sudut geometri roda.
  • Tidak memberikan pelumasan pada komponen ball joint ( khusus untuk kendaraan sekelas truk )


Akibat dari kerusakan ball joint


  • Pengendalian kemudi menjadi tidak stabil atau liar.
  • Timbulnya bunyi mencicit yang keras ketika setir dibelokkan. 
  • Setir kemudi terdapat banyak freeplay atau speeling atau jarak bebas.
  • Ketika belok setir tidak bisa kembali alias lengket, kalau belok kiri ya ke kiri terus begitupun sebaliknya.


Perawatan ball joint


  • Untuk itu anda pun perlu mengetahui perawatan ball joint agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan seperti diatas dengan cara sebagai berikut.
  • Perbaiki cara mengemudi anda bila ternyata selama ini anda suka banting kanan banting kiri secara mendadak.
  • Selalu rutin melakukan spooring balancing kendaraan secara berkala tiap jarak tempuh tertentu. Direkomendasikan per 10.000km perlu dilakukan spooring dan per 5000km dilakukan balancing.
  • Jangan pernah menggunakan ball joint imitasi sebab tingkat kerusakan pada komponen yang bukan original sangat cepat.
  • Bila melewati jalanan yang rusak sebaiknya anda pelankan laju mobil anda.
  • Jika karet but pelindung debu robek sebaiknya langsung segera diganti agar debu dan pasir tidak masuk kedalam joint dan mempercepat kerusakannya.

ball joint pecah
Ball joint pecah rusak


Baca juga : Tips membersihkan kaca film mobil dan perawatannya


Nah itulah tadi sekilas mengenai ball joint pada kendaraan yang meliputi fungsi ball joint, penyebab kerusakan ball joint, hal hal yang dapat terjadi jika ball joint rusak serta cara perawatan ball joint yang benar. Semog bermanfaat. Untuk informasi lebih lengkap mengenai otomotif silahkan menyempatkan diri berkunjung ke blog OTOMOTIF kami.



Advertisement

Advertisement