Home » » Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami

Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami

Advertisement
Cara cepat turunkan berat badan - memiliki berat badan yang termasuk dalam kategori ideal adalah impian semua orang khususnya lagi bagi para kaum hawa. Walaupun demikian saat ini masih sedikit orang yang mampu memiliki serta mempertahankan berat badan ideal mereka.

Beberapa dari mereka memiliki tubuh yang terlalu kurus dan sisanya lagi memiliki tubuh yang obesitas bahkan berukuran jumbo. Dalam kegiatan membuat berat badan idel ini tentu saja bukan perkara mudah sebab membutuhkan niat serta keinginan yang tinggi agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

cara turunkan berat badan
timbangan badan

Karena kerepotan kerepotan seperti inilah banyak orang terjerumus mengkonsumsi obat penggemuk atau pengurus badan yang katanya mampu bereaksi secara instan, padahal cara ekstrim seperti ini dapat beresiko tinggi terhadal kesehatan anda.

Baca juga : Pengertian dan arti kata wisuda

Maka dari itu sebelum anda benar benar melakukan penurunan berat badan anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja yang dapat membuat seseorang ini menjadi gemuk. Dan dibawah ini adalah beberapa faktor penyebab obesitas yang harus anda ketahui.

Faktor penyebab berat badan naik ( obesitas )


Pikiran Stres

Kondisi pikiran yang sedang kacau atau stress bisa menjadikan tubuh kita ini menjadi tegang hingga meningkatkan beberapa produksi hormon seperti hormon kortisol. Fungsi hormon kortisol ini adalah untuk membuat napsu makan meningkat yang tentu saja akan mempengaruhi pola makan anda yang menggebu gebu sampai anda merasa tenang.


Kurang tidur

Kebiasaan orang yang suka begadang hingga malam akan membuat hormon yang ada didalam tubuh menjadi meningkat sehingga meningkat pula rasa lapar dan napsu makan anda. Hasilnya sudah bisa ditebak anda akan ngemil terus menerus sampai sampai anda tersadar ketika mengetahui berat badan anda di timbangan meningkat.


Mengkonsumsi obat tertentu

Beberapa jenis obat tertentu juga dapat mengakibatkan kita menjadi mendadak gemuk seperti salah satunya adalah pil KB yang memiliki efek seperti ini. Beberapa ibu ibu yang menggunakan pil KB atau KB suntik berat badannya langsung naik drastis dan tubuh mereka terlihat sangat gemuk.


Gaya hidup tidak sehat

Semakin berkembangnya teknologi di jaman ini membuat siapapun menjadi lebih malas dalam hal mmenjaga kesehatan tubuhnya seperti melakukan kegiatan olahraga dan lebih memilih untuk menghabiskan waktu mereka bermain game ponsel maupun didepan komputer. Biasanya pola hidup seperti ini cenderung memilih makanan cepat saji untuk mendampingi kegiatan malas ini seperti mengkonsumsi snack berkalori tinggi, minuman bersoda, junkfood dan lain sebagainya yang dapat membuat anda gemuk.


Menderita Penyakit tertentu

Banyak sekali penyakit didunia ini yang memiliki efek samping membuat badan anda menjadi gemuk atau obesitas seperti penyakit sindrom chusing, hipotiroid, sindrom ovarium polikistik serta beberapa penyakit langka lainnya. Termasuk penyakit diabetes ini juga bisa membuat badan menjadi gemuk dalam waktu asingkat.

Baca juga : Bahaya keseringan main gadget bisa membuat anda penuaan dini

Nah setelah mengetahui apa saja hal yang dapat membuat tubuh anda menjadi gemuk, sekarang kita akan membahas beberapa hal yang dapat kalian lakukan guna mengatasi tingginya berat makan secara alami dibawah ini.

Cara menurunkan berat badan alami dan cepat



1 Olahraga Teratur

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan jalan berolahraga secara rutin dan teratur. Salah satu olahraga yang sering digunakan ddalam program penurunan berat badan ialah senam aerobik, joging, dan juga jalan santai. Namun bila anda tidak memiliki banyak waktu luang anda bisa melakukan kegiatan yang membutuhkan gerak aktif agar badan senantiasa bergerak.


2 Perhatikan menu makan malam

Sering kali kita merasa kelaparan dimalam hari dan rasanya ingin sekali makan. Secara umum tubuh kita tidak begitu banyak membutuhkan karbohidrat dimalam hari karena memang kita tidak terlalu aktif melakukan kegiatan bukan. Nah bila anda merasa kelaparan dan ingin makan sampai kenyang sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat seperti contohnya makan nasi, cukup anda ganti menu makan malam anda dengan mengkonsumsi buah buahan atau sayuran serta hindari memakan apapun yang digoreng.

3 Jangan tidak sarapan

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa ketika mereka tidak sarapan dipagi hari maka berat badan mereka akan cepat mengalami penurunan, padahal anggapan ini salah besar karena ketika kita tidak sarapan ini membuat metabolisme tubuh kita menjadi lebih lambat yang hanya akan membuat program diet anda terkendala. Selain dari pada itu, biasanya orang yang tidak makan pagi atau sarapan ini menu makan siangnya akan jauh lebih banyak ketimbang mereka yang sarapan, dan tentu saja anda sudah tahu apa yang terjadi selanjutnya.


4 Konsumsilah Makanan yang kaya akan serat

Bahan makanan yang memiliki banyak serat ialah salah satu dari sekian faktor yang membuat anda dapat dengan sukses melakukan program penurunan berat badan sendiri dirumah. Makanan makanan yang kaya akan serat ini sangat disarankan untuk di konsumsi baik di siang hari maupun dimalam hari. Beberapa contoh makanan yang kaya akan serat diantaranya ialah dari sayuran serta buah buahan sseperti buah pisang, jambu biji, pepaya dan buah pir. Sedangkan yang dari sayuran contohnya adalah labu, brokoli, bayam, kentang, lobak, bunga kol, ubi jalar dan sayuran hijau lainnya.

5 Perbanyak minum air putih

Dari pakar kesehatan manapun mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya sangatlah disarankan. Fungsi air putih ini dalam tubuh adalah untuk mempercepat metabolisme tubuh dengan membantu meningkatkan hidrasi sel pada tubuh. Karena itulah mengkonsumsi air putih ini sangat dianjurkan. Minimal yang harus anda minuk kurang lebih 8 helas sehari. Oh iya meminum banyak air putih juga bisa membantu membuat perut anda menjadi kenyang ssehingga anda tidak lagi merasa lapar dan makan sembarangan :).

6 Konsumsi cukup Protein

Didalam setiap makanan tentu saja ada yang mengandung protein dan ada pula yang tidak, dan perlu anda ketahui bahwa protein ini juga mampu menunjang keberhasilan diet anda sebab mampu membakar lemak yang ada didalam tubuh kita. Anda bisa memperoleh protein ini dari beberapa sumber makanan khususnya dari telur, ikan, dan yang terbaik adalah dari tahu dan tempe. Makanan berprotein ini sangat bagus dijadikan menu sarapan anda.


7 Konsumsi Karbohidrat kompleks

Salah satu sumber energi dan sumber gula alami bagi tubuh kita ialah karbohidrat. Karbohidrat dengan kandungan yang sederhana lebih sulit diserap oleh tubuh kita dan bisa menumpuk menjadi lemak, beberapa jenis Sumber karbohidrat sederhana diantaranya adalah dari mie, nasi, pasta, dan sejenisnya. Nah bila anda saat ini memiliki berst badan yang obesitas dan ingin menjalani program diet, agar lebih berhasil maka perlua anda konsumsi sumber makanan yang memiliki karbohidrat kompleks yang nantinya akan mudah diserap tubuh yang diantaranya adalah gandum, beras merah, oat meal, berbagai jenis kacang kacangan dan juga sereal.


8 Beristirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dan mengurangi porsi begadang juga ampuh membantu mensukseskan program diet yang sedang anda lakukan. Untuk mengetahui seberapa lama waktu istirahat yang dibilang cukup silahkan anda sedikit googling di internet. Tidur yang cukup akan membuat badan anda selalu terlihat bugar dan tentu saja menghindari anda dari kegiatan ngemil tengah malam bukan ?.

Baca juga : Peluang usaha ini ternyata tidak ada matinya loh


Kesimpulan

Jika anda memiliki niat yang kuat disertai komitmen yang tinggi dalam hal cara menurunkan berat badan saya jamin anda akan sukses. Itulah tadi sedikit artikel mengenai tips menurunkan berat badan dengan cepat, semoga bermanfaat dan silahkan di share ke media sosialmu agar berguna bagi siapa saja yang mmembacanya.

Sumber artikel : Cara paling cepat menurunkan berat badan




Advertisement

Advertisement