Home » » Arti Wisuda Apa Itu Wisuda ?

Arti Wisuda Apa Itu Wisuda ?

Advertisement
Pengertian wisuda - bagi anda yang saat ini kemungkinan sedang mencari makna dari wisuda, pada edisi kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa sih artinya wisuda itu.

Proses wisuda
Pada umumnya proses wisuda ini dilakukan di sekolah atau perguruan tinggi diatas tingkat SMA atau SMK ( anak kuliyah ) yang telah berhasil menyelesaikan masa belajarnya didalam suatu universitas.

wisuda danbo


Proses wisuda ini biasanya dilakukan didalam gedung atau aula meskipun ada beberapa universitas yang memilih melakukannya di ruangan terbuka, diawali dengan pemberian piagam oleh rektor/dekan kepada calon wisudawan dan biasanya diakhiri dengan sesi foto para wisudawan atau wisudawati dengan anggota keluarga maupun pasangannya.

Arti kata WISUDA
Kata wisuda sendiri juga ditemukan dalam bahasa sansekerta yang berarti "cerah", maksudnya adalah bahwa mereka yang telah diwisuda tersebut telah lulus dan telah memperoleh ilmu dalam level yang tinggi ( tercerahkan ), sehingga nantinya diharapkan mereka mereka ini mampu mengamalkan ilmu "pencerah" tadi kedalam kehidupan mereka sehari hari. Cerah juga bisa berarti "ilmu yang bermanfaat".
Atau lebih singkatnya orang yang telah diwisuda bisa disebut sebagai orang yang telah tercerahkan ( mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih tinggi ).

Kapan dilakukan wisuda ?
Wisuda ini dilakukan tiap tiap akhir semester atau per 6 bulan sekali kepada mereka yang telah dinyatakan lulus oleh universitas. Jika ternyata pada semester ini misalnya belum dinyatakan lulus, maka mahasiswa/mahasiswi bersangkutan akan mengulang dalam waktu 6 bulan untuk menunggu wisuda selanjutnya.

Baju atau setelan saat diwisuda
Biasanya pakaian yang dikenakan oleh para calon wisudawan dan wisudawati ini ditentukan oleh kampus atau universitas dimana mereka menuntut ilmu, beberapa universitas menyarankan memakai pakaian adat, sebagian lagi menganjurkan menggunakan setelan ala kantoran dan sebagian lagi menggunakan baju khusus yang disebut TOGA.

Biasanya orang yang telah lulus dari universitas harus menunjukkan sikapnya yang lebih baik dari mereka yang tidak pernah belajar di vakultas perguruan tinggi karena status mereka adalah manusia yang berilmu.

Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan bila menurut anda bermanfaat juga.


Advertisement

Advertisement