Home » » Tips Cara Membangun Backlink Yang Aman Untuk blog

Tips Cara Membangun Backlink Yang Aman Untuk blog

Advertisement
Cara Membangun Baclink adalah salah satu dari sekian cara yang dapat anda terapkan agar blog anda berada pada posisi teratas dari hasi pencarian ( SERP )  sehingga blog anda dapat lebih dikenal oleh mesin telusur. Backlink sendiri adalah salah satu dari sekian cra SEO Off Page yang sampai sekarang masih banyak memberikan peranan penting terhadap mudah dan tidaknya blog kita di rayapi.

Blog yang memiliki backlink sedikit atau malah tanpa baclink sama sekali akan lebih susah untuk bersaing melawan blog blog yang relevan dengan blog yang anda miliki. Sedikit informasi blog gado gado ini hanya memiliki 9 backlink saja ketika artikel ini dibuat,maka dari itu blog ini terkadang jarang muncul di laman teratas hasil pencarian. Kenapa backlink blog ini sedikit?,itu karena saya sengaja tidak mencari hanya untuk bahan uji coba saja,untuk blog lain tentu saya optimasi semaksimal mungkin karena dari sanalah penghasilan terbesar saat ini.

Oke kita kembali lagi ke intinya yaitu backlink. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui ketika anda hendak membangun sebuah backlink karena bila anda terburu buru dalam membangun sebuah backlink,bukannya ketenaran serta optimasi yang anda dapat melainkan malah memperburuk kondisi blog anda serta yang paling parah blog akan dihapus oleh google. Nah berikut adalah kiat yang dapat anda gunakan sebagai acuan bila anda ingin membangun backlink yang aman untuk blog.

cara membuat backlink
Source picture from : brafton.com


1.Usia Blog Yang Akan Diberi Backlink.
Hal pertama adalah usia sebuah blog yang akan anda carikan backlink minimal sudah berusia 3 bulan. Bila blog anda kurang dari 3 bulan namun sudah memiliki ratusan bahkan ribuan backlink,tentu hal ini membuat backlink blog anda dianggap tidak natural oleh mesin telusur dan bisa bisa malah diabaikan.

2.Arah Backlink.
Setelah usia sudah siap untuk dicarikan backlink langkah berikutnya adalah silahkan anda mencari backlink di internet. Untuk arah backlink sendiri usahakan mengarah baik ke homepage blog ( namablog.blogspot.com ),dan juga mengarah kedalam artikel blog ( namablog.blogspot.com/tanggal artikel/judulartikel.html ). Usahakan anda membacklink keduanya dengan porsi seimbang,tujuan dari kedua arah tersebut adalah memperkuat halaman homepage dan juga halaman artikel blog anda.

3.Kriteria Backlink.
Untuk kriteria dari yang saya lakukan selama ini lebih baik anda mencari backlink dari sebuah website yang memiliki pagerank tinggi serta PA/DA yang tinggi. Backlink yang anda dapat dari website seperti ini dianggap berkualitas oleh google dan layak dijadikan bahan perhitungan. Satu buah backlink dari situs seperti ini dapat mengalahkan 100 an backlink dari blog biasa. Jadi jangan membabi buta meninggalkan backlink ya gais.

4.Anchor text.
Anchor adalah sebuah kalimat / kata yang didalamnya anda sisipi oleh sebuah link url yang nantinya entah anda arahkan ke homepage atau artikel blog anda. Gunakan anchor text yang bervariasi namun masih didalam relevansi karena anchor yang seperti ini selain lebih memperkuat kata kunci,juga dianggap lebih natural oleh robot google.

5.Backlink Relevan.
Yang dimaksud dengan backlink relevan adalah anda meninggalkan sebuah backlink di dalam situs yang masih memiliki tingkat relevansi yang sama dengan blog milik anda yang sedang anda bangun backlinknya. Sebagai contoh bila andamemiliki blog ber niche android,maka backlink yang sebaiknya anda cari juga berasal dari situs situs yang membahas seputaran android.

6.Lokasi Backlink.
Nah untuk lokasi backlink itu sendiri memiliki banyak variasi misal backlink dari dalam artikel,biasanya untuk mendapatkan backlink seperti ini anda harus menjadi author dari situs lain kemudian anda membuat sebuah artikel dan mengarahkan backlink ke situs anda. Atau bila anda beruntung,seseorang membuat artikel yang mengulas sesuatu dan memberikan backlink mereka secara cuma cuma.
Backlink footer,ini biasanya backlink yang didapat dari hasil share template blog,coba anda lihat didalam blog ini dibagian footer ada sebuah backlink yang mengarah ke si pembuat theme bukan?.
Backlink komentar,Backlink seperti ini biasa didapatkan melalui cara memberikan komentar di blog lain yang masih relevan serta meninggalkan link hidup didalamnya. Banyak lokasi lain untuk penempatan backlink seperti di sidebar,header dll.

7.Jenis Backlink.
Ada dua jenis backlink yaitu dofollow dan nofollow. Didalam backlink dofollow nilainya akan dimasukkan perhitungan oleh mesin untuk memperbaiki pagerank dan juga memperbaiki rangking sebuah laman blog anda. Sedangkan backlink nofollow Hanya dapat memperbaiki posisi laman anda dari SERP. Agar terlihat lebih natural silahkan anda cari secara seimbang diantara keduanya.
Ingat jangan mencari backlink secara membabi buta walaupun backlink tersebut adalah nofollow,saya pernah mendapat teguran melalui webmasters mengenai hal ini.

8.Jumlah yang disarankan.
Jumlah yang disarankan untuk membangun sebuah backlink adalah 10 buah backlink dalam 1 bulan yang artinya anda mencari 1 backlink dalam waktu 3 - 4 hari.

9.Hati Hati Menanam Backlink.
Bila kita salah dalam menanam backlink di situs yang memiliki predikat tidak baik di mata si embah google misal situs P*rn bisa bisa malah membahayakan blog anda sendiri,terlebih bila blog yang anda miliki anda pasang adsense.

Karena saya hanyalah seorang newbie ,cukup diatas adalah tips cara membangun backlink yang selama ini saya pakai,Mungkin bila anda mengetahui lebih banyak mengenai backlink anda bisa memberikan saran kepada saya untuk menambahkan. Oh iya satu lagi,jangan pernah menggunakan jasa autobacklink karena dapat memperburuk kondisi blog anda dimata si embah google.


Advertisement

Advertisement