Home » » Agar Aki Kering Motor Lebih Awet

Agar Aki Kering Motor Lebih Awet

Advertisement
Saat ini hampir semua kendaraan roda dua mengaplikasikan aki kering dengan tujuan untuk lebih mempermudah para pengguna sepeda motor agar tidak lagi disibukkan dengan kegiatan yang namanya mengontrol air aki. Tipe aki saat ini ada dua macam yakni aki basah dan aki kering.
Aki basah ini menggunakan cairan elektrolit berbentuk cair seperti air zur dan air tambah berupa air suling untuk dapat menyimpan energi. Sedangkan pada aki kering sudah tidak menggunakan cairan lagi sebagai elektrolit melainkan menggunakan gel .

Dan masalah yang umum yang terjadi pada aki kering biasanya adalah cepat sekali rusak / sowak sehingga tidak dapat diperbaiki lagi dan harus diganti dengan aki yang baru.

merawat aki kering
from tokopedia.com


Memang untuk aki kering ini, anda lebih santai karena tida perlu lagi memberikan perhatian khusus pada komponen ini,namun agar kondisi aki tetap awet saya sarankan untuk sesekali mengecek tegangan yang ada didalam aki ini setiap dua bulan sekali. Bila tegangan menurun akibat pemakaian kelistrikan yang berlebihan anda dapat dengan segera mencarger Aki kering ini,jangan menunggu lagi hingga aki benar benar mati baru di carger karena hanya akan sia sia saja.

Untuk penambahan komponen penerangan dengan komponen variasi juga harus anda perhatikan berapa tegangan yang dibutuhkan untuk dapat menyalakan lampu tersebut. Anda bisa mensetting dengan menyambung komponen tersebut pada kabel alternator untuk menjaga keawetan dari si Aki tersebut.


Advertisement

Advertisement