Home » » Tips Perbaiki Bemper Mobil Penyok Tanpa Keluar Uang

Tips Perbaiki Bemper Mobil Penyok Tanpa Keluar Uang

Advertisement
Memperbaiki bemper mobil yang penyok kadang kala kita harus membawa mobil kesayangan ke bengkel resmi untuk memperbaikinya,dan tentunya kita pun harus merogoh kocek yang tidak sedikit karena bila bengkel resmi yang menangani hanya ada 2 opsi,opsi pertama yakni claim asuransi,ini bila mobil kita diasuransikan,kalau tidak?. Opsi kedua adalah dengan mengganti dengan bemper yang baru,hal ini selain untuk mengurangi unit kembali setelah servis juga untuk mendongkrak pendapatan atau revenue dari bengkel tersebut,yang tentunya harga satu bemper lumayan diatas 2 juta rupiah.

Untuk mengembalikan bemper mobil yang penyok yang disebabkan oleh terbentur tiang / dinding ketika parkir dan sebagainya sebenarnya dapat anda lakukan sendiri dirumah dan tanpa biaya jasa perbaikan lagi. Seperti yang kita ketahui semua bahwa bahan utama dari bemper adalah plastik PVC yang mudah sekali untuk dibentuk. Untuk melakukan perbaikan sendiri berikut adalah langkah yang dapat anda lakukan :

atasi bemper penyok
source of pic by : www.team-bhp.com


Alat dan bahan :

  • Peralatan membongkar bemper ( obeng kembang,obeng shock 8,obeng minus/ukuran 75 )
  • Air mendidih.
  • palu .
  • Kain tidak terpakai.


Cara Perbaiki:

  • Buka terlebih dahulu skrup dan klip pengikat bemper mobil yang penyok,kemudian lepaskan bemper dari dudukannya.
  • Setelah terlepas,silahkan anda memasak air hingga mendidih. Air ini fungsinya untuk memanaskan plastik bemper dan membentuk ulang.
  • Setelah air panas,siramkan pada bagian bemper yang penyok tadi kemudian tekan menggunakan gagang palu yang telah dibalut dengan kain perlahan lahan sampai bentuk penyokan tadi kembali seperti semula.
  • Setelah selesai silahkan pasang kembali bemper mobil pada dudukannya.



Cukup mudah bukan bila kita mau sedikit kreatif sehingga uang yang seharusnya kita bayarkan ke bengkel bisa kita tabung untuk membeli keperluan yang lain.

Cara ini adalah cara yang biasa terapkan di bengkel bila ada customer yang ingin memperbaiki bemper yang penyok dan saya biasa mematok biaya jasa perbaikan antara 150ribu hingga 200ribu rupiah. Untuk belajar lebih banyak mengenai otomotif silahkan kunjungi sub blog kami di blog Automotive.


Advertisement

Advertisement