Home » » Wordpress Plugin Recommendations for Performance

Wordpress Plugin Recommendations for Performance

Advertisement
Membangun blog wordpress yang memiliki kinerja yang baik tentu adalah sebuah kewajiban bagi kita,terutama bila blog wordpress tersebut adalah self hosting . Memiliki blog dengan kinerja yang bagus dan cepat tentu membuat pengunjung yang sedang mengakses blog kita menjadi tidak jenuh hanya karena masalah loading.

Aspek terpenting dari sebuah blog adalah kinerjanya,faktor utama yang sangat mempengaruhi aksesibilitas terutama bila blog wordpress memiliki trafik yang tinggi. Nah,maka dari itu anda pun memerlukan beberapa rekomendasi Plugin wordpress untuk mempercepat kinerja blog yang diantaranya adalah sebagai berikut :


1.WP SuperCache.

Plugin ini diciptakan oleh orang berkebangsaan irlandia yang kalo tidak salah bernama Donncha O Caoimh . Cara kerja dari plugin ini adalah menciptakan file statis dalam format html didalam sub folder host cache,sehingga bila suatu saat ada orang yang hendak mengakses blog milik anda,maka sistem akan secara otomatis akan menampilkan file statis -> html tersebut tanpa perlu harus meng load table dan query secara keseluruhan sehingga loading blog yang diakses menjadi mudah.

wordpress plugin paling direkomendasikan

Plugin ini sangat direkomendasikan sekali oleh beberapa server hosting dalam maupun luar negeri terlebih bagi blog yang memiliki trafik tinggi. Beberapa lagi menyarankan untuk menginstal plug in yang memiliki fungsi yang sama dengan WP SuperCache ini dengan tujuan agar bila trafik sangat tinggi dapat terbagi ( tidak bentrok yang membuatnya malah memperlambat kinerja nantinya ).

2.WP-Optimize.

Ini adalah plugin rekomendasi yang memiliki fungsi sederhana namun sangat bermanfaat bagi blog wordpress self hosting anda. Fungsinya adalah sebagai clean up dan mengoptimalkan database blog tanpa harus menggunakan phpmyadmin sehingga memberikan kecepatan dan kemudahan bagi anda.

3.HeadJS Loader.

Penggunaan banyaknya script yang ada didalam blog wordpress self hosting tentu akan memperlambat kinerja terutama dalam hal kecepatan loading,dengan menggunakan plugin ini seluruh script akan di handle oleh plugin ini dan memuatnya secara parallel sehingga mampu meningkatkan kinerja yang lebih cepat.

4.WP-Minify.

Bila didalam blogspot anda harus secara manual meminilisasi script serta kode css,di dalam Wordpress anda cukup menginstal plugin WP-Minify karena plugin ini secara otomatis akan mengurangi besarnya file css didalam blog.

5.HTML-Compress.

Dari namanya saja bagi kita orang yang awam sekalipun sudah mengetahui fungsi dari plugin ini. Plugin HTML Compress ini akan mengkompres seluruh kode html blog menjadi lebih kecil sehingga kinerja blog pun semakin cepat.

6.Hyper Cached.

Memiliki fungsi yang hampir sama dengan WP SuperCache yakni mengurangi waktu load sehingga aksesibilitas menjadi lebih cepat. Sebenarnya plugin ini diciptakan khusus untuk blog wordpress yang di hostkan di server yang memiliki sumber daya rendah / terbatas namun tidak salahnya untuk di pasang pada blog yang dihostkan di server yang memiliki sumber daya sedang.

Nah itulah tadi beberapa plugin wordpress yang sangat direkomendasikan untuk di install kedalam blog wordpress self hosting yang dapat mempercepat kinerja blog.



  
Advertisement

Advertisement