Home » » Tehnik SEO On Page Lengkap Dan Ampuh

Tehnik SEO On Page Lengkap Dan Ampuh

Advertisement
Tehnik SEO On Page Paling ampuh Dan Lengkap - SEO adalah salah satu cara yang dilakukan oleh blogger untuk melakuka optimasi dengan tehnik tertentu, agar artikel yang mereka buat tampil di halaman pertama dari hasil pencarian menggunakan berbagai mesin pencari atau disingkat dengan istilah SERP. Banyak sekali para blogger pemula yang belum mengetahui cara menerapkan SEO,bahkan beberapa malah cuek dengan hal ini, sehingga artikel apapun yang mereka buat tidak pernah muncul pada halaman pertama dari hasil pencarian,bahkan tidak pernah tampil di 10 besar halaman pencarian.

Bila anda mau sedikit saja menggali tentang ilmu SEO,kemudian menerapkannya dengan benar tentu akan membuat artikel yang anda publish akan muncul minimal ada di halaman pertama dari hasil pencarian sehingga kemungkinan dikunjungi akan semakin besar,dan tentu saja hal ini dapat membuat website anda memiliki trafik yang bejibun nantinya.

tehnik seo lengkap
original picture from : pnama.net


PENGERTIAN APA ITU SEO .

SEO adalah kependekan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION atau dalam bahasa indonesia diartikan dengan cara cara melakukan optimasi konten terhadap mesin pencari.

BERAPA TEHNIK SEO YANG ADA ?.

Dalam tehnik SEO ini dibedakan menjadi dua buah kategori yakni SEO on page dan SEO off page.

A.Pengertian SEO on page.

Adalah beberapa tehnik SEO yang daat anda lakukan untuk mengoptimasi konten agar nantinya memiliki nilai yang tinggi dimata mesin pencari. Cara ini diterapkan langsung didalam konten artikel.

B.Pengertian SEO off page.

Tehnik SEO OFF PAGE ini adalah tehnik dan cara untuk mengoptimasi konte / website diluar jam kerja,diluar dari konten yang sedang anda buat,dan tehnik sini lebih bervariasi caranya dan setiap blogger memiliki tata cara mereka masing masing tentunya.

Dalam artikel yang akan saya bahas kali ini adalah khusus untuk TEHNIK SEO ON PAGE saja dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Judul Blog .

Salah satu cara untuk melakukan optimisasi dari hasil pencarian adalah dengan membuat judul serta menyematkan kata kunci didalamnya dengan tepat. Dengan menerapkan kata kunci yang tepat ( fokus ) maka kemungkinan artikel anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian akan lebih besar.

judul blog seo


Itulah kenapa anda diwajibkan membuat judul seunik mungkin,lebih baik lagi bila anda menggunakan longtail keyword untuk judul .

2.Meta Description.

Mungkin sebagian besar dari anda melewatkan atau bahkan tidak tahu menahu dengan yang namanya meta deskripsi ini. Padahal fungsi dari meta description ini sangat penting sekali untuk menempatkan satu atau beberapa kata kunci yang mendukung judul sebagai kata kunci utama.
Anggap saja saat ini saya sedang membuat artikel dengan judul Tehnik SEO On Page Lengkap Dan Ampuh,maka saya dapat menyematkan beberapa kata kunci pendukung seperti


  • Cara menerapkan SEO On Page
  • Tutorial SEO On Page
  • Tehnik SEO On Page Terbaru
  • Cara Melakukan SEO
  • dan lain sebagainya.


meta description
ilustrasi meta deskripsi : letaknya ada pada sidebar kanan halaman editor


Dengan memberikan deskripsi setepat mungkin akan membuat kata kunci didalam artikel anda semakin kuat,semakin kuatnya kata kunci tentu akan membuat artikel anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan menyuguhkannya pada halaman pertama hasil pencarian.

3.Permalink.

Permalink atau permanen link,dengan melihat artinya saja anda sudah mengetahui apa maksud dan tujuan dari ermanen link yakni menentukan url link terhadap artikel yang hendak anda publikasikan. Dan dalam membuat permalink ini dilakukan pada saat PERTAMA kali anda akan mempublish,bila anda terlanjut mempublikasikan maka permalink ini tidak dapat dirubah lagi. Dalam tata membuat permanen link lagi lagi anda harus memasukkan kata kunci selain judul artikel yang bertujuan untuk semakin menguatkan kata kunci konten anda.

permalink


4.Meta Tag Blogger.

Meta tag ini memiliki tujuan yakni memberi penekanan kata kunci tertentu sesuai topik yang ada didalam website sehingga dapat memberitahukan kepada mesin pencari topik apa saja yang ada didalam website yang sedang dirayapinya, sehingga mesin pencari dapat menyuguhkan seluruh informasi terkait kata kunci yang diketikkan pengguna pada search engine.

meta tag
contoh meta tag


Penempatan mete tag ini berada didalam template blog tepatnya dibawah kode < head >,Untuk lebih lengkapnya cara memasang meta tag silahkan anda cari di internet.

5.Menerapkan Tag Heading didalam keywords.

Penggunaan tag heading ini memiliki fungsi yang sama dengan tehnik sebelumnya yakni memberikan penekanan kata kunci artikel agar mesin pencari lebih mudah dan mengetahui bahwa konten anda tersebut penting. Bila anda malas melakukan tindakan manual,anda dapat memasang script heading tag didalam template blog.

heading tag
heading tag


6.Optimasi ALT dan TITLE Gambar.

Setiap kali anda memasukkan sebuah gambar pendukung artikel jangan pernah untuk lupa memberikan atl dan title text pada gambar yang fungsinya lagi lagi sama yakni memberikan penekanan kata kunci serta memberikan informasi kepada mesin mencari mengenai gambar apakah yang ada disitu,dan mesin telusur gambar akan lebih mudah memberikan gambar yang dibutuhkan oleh pengguna ketika mengetikkan pencarian dalam mode gambar.
Cara memberikan alt dan title tag pun sangat mudah,cukup klik pada gambar kemudian pilih properties kemudian isikan kata kunci yang berkaitan dengan gambar yang akan anda publish.

7.Keyword Density.

Memberikan penekanan kata kunci ke dalam seluruh isi artikel didalam website ini dapat membantu kepada mesin telusur kata mana yang paling ditonjolkan,namun dalam menentukan keywords density ini jangan terlalu berlebihan karena mesin pencari akan menganggap hal ini sebagai spam dan rawan dihapusnya blog anda.
Untuk mengetahui keywords anda silahkan mengeceknya melalui https://www.google.com/webmasters/tools/keywords

8.Internal Link.

Internal lini ini selain berfungsi untuk menekan nilai bounce rate juga dapat digunakan sebagai senjata andalan para blogger untuk meningkatkan kualitas SEO blog mereka. Internal link ini adalah sebuat tautan / link yang ditanam didalam sebuah artikel , dengan tautan menuju ke artikel lain yang masih berada didalam satu blog sebagai alat navigasi untuk menjelajah artikel lain yang relevan .

Sebenarnya tehnik diatas hanyalah sebagian kecil dari Tehnik SEO on page yang dapat ada pelajari dengan mudah serta anda terapkan setiap kali anda membuat artikel baru sehingga kemungkinan artikel yang anda buat akan muncul di halaman pertama google semakin besar.




Advertisement

Advertisement