Home » » Kerugian Menggunakan Robot.Txt Tahun 2015 Ini

Kerugian Menggunakan Robot.Txt Tahun 2015 Ini

Advertisement
Mengaktifkan Robot.Txt di blogger mungkin akan memberikan beberapa dampak yang positif dan tentunya juga memiliki dampak yang negatif tentunya. Dampak positif yang akan anda peroleh dari mengaktifkan robot.txt didlaam pengaturan penelusuran blogger ini adalah untuk menghilangkan duplikasi konten blog yang biasanya sering anda temui bila anda membuka webmasters tool.
Karena fungsi utama dari rotob.Txt ini adalah untuk mengatur mesin pencari / web crawler apakah akan menjelajahi isi situs atau mengindek ataukah tidak. Dengan demikian duplikasi meta pu dapat anda hindari.

Namun tahukah anda bila saat ini google meluncurkan algoritma yang terbaru yang mewajibkan seluruh website harus mobile friendly,dan bila anda menggunakan Robot.Txt disaat ini sudah tentu pasti halaman anda akan error dan tidak memenuhi kualifikasi ini. Dan apakah yang nantinya akan terjadi dengan website anda selanjutnya?,Berikut adalah Dampak yang terjadi bila menggunakan robot.txt .

contoh penggunaan robot.txt

1.Website Tidak Mobile Friendly.
Sudah tentu website milik anda tidak menjadi mobile friendly karena penelusuran yang melalui mobile akan dicekal atau dihalangi oleh robot.txt ini,sehingga bila anda tes akan muncul pesan error di dalam halaman www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly ini. Untuk mengatasi nya silahkan anda nonaktifkan saja setting robot.txt yang ada didalam blog anda.
Contoh website mobile friendly silahkan anda lihat gambar dibawah yang ditandai dengan bingkai warna merah .

2.Meta Description Hilang.
Bila anda mengaktifkan fitur robot.txt ini kemungkinan besar meta description website anda didalam Search Engine Result Page akan menghilang ketika anda akses halaman website melalui selluler dan akan berganti tulisan menjadi hilang dan digantikan tulisan

Deskripsi untuk hasil ini tidak tersedia karena robot.txt situs ini - Pelajari ebih lanjut .


Coba anda lihat dari gambar dengan bingkai berwarna hijau diatas, disana anda tidak dapat menemukan deskripsi dari situs karena robot.txt menghalanginya. Berbeda dengan situs yang tidak menggunakan robot.txt seperti gambar yang ada didalam bingkai berwarna merah dibawahnya.

Padahal bila dilihat,sebuah deskripsi ini penting sekali penggunaannya selain untuk menambah kualitas SEO,juga dapat menambah relevansi konten didalam hasil pencarian.

3.Kalah Bersaing Akibat Algoritma Terbaru Google.
Seperti yang kita tahu semua bahwa google telah meluncurkan algoritma terbarunya yang mengharuskan seluruh website menggunakan tampilan mobile friendly untuk menyuguhkan kenyamanan bagi pengguna,bila anda mengabaikan peringatan ini dan tetap memasang robot.txt ini,tentu situs milik anda tidak akan terdeteksi sebagai mobile friendly oleh algoritma google dan hasilnya adalah situs anda akan turun indexnya didalam Search Engine Result Page bahkan hilang .

Nah apakah anda sudah mengetahui dampak negatif dari penggunaan robot.txt ini?. Inilah sebabnya mengapa didalam halaman setting robot.txt anda dihimbau untuk lebih berhati hati dalam penggunaannya. Salah salah bisa membuat anda ngenes nantinya.



Advertisement

Advertisement