Home » » Fungsi Differential Fungsi Gardan pada mobil

Fungsi Differential Fungsi Gardan pada mobil

Advertisement
Differential gear atau yang biasa dikenal di masyarakat umum dengan istilah gardan adalah salah satu komponen yang terdapat pada kendaraan bermotor khususnya pada mobil. Nama differential bila kita artikan kedalam bahasa indonesia berarti pembeda.

Jadi fungsi dari gardan atau differential ini adalah untuk membedakan putaran poros roda belakang suatu kendaraan antara yang kiri dan yang kanan sehingga dengan adanya perbedaan kecepatan putar tersebut dapat membuat mobil berbelok dengan sudut lingkar yang kecil.

differential gear


Apakah fungsi dari differential hanyalah sebagai pembeda putaran roda belakang kendaraan saja ?. Ternyata ada fungsi lain yang ada pada komponen yang satu ini, dan berikut ini adalah beberapa fungsi yang ada pada gardan atau differential gear.

1.Mengubah arah tenaga putar.

Salah satu fungsi dari gardan adalah mengubah arah putar sejauh 90 derajat sehingga putaran yang dihasilkan dari transmisi yang disalurkan melalui batang propeller ini dapat memutar roda belakang.

2.Sebagai final gear reduction ( gigi reduksi )

3.Sebagai pembeda putaran roda belakang kendaraan

Pada jaman dahulu ketika orang belum mengenal apa itu diffeential, kendaraan terutama mobil harus memutar jauh sekali ketika akan belok, hal ini terjadi karena putaran ban belakang tersebut sama sehingga raius putaran pun semakin melebar. Dan dengan ditemukannya gardan ini, mobil mobil tidak lagi harus memutar terlalu jauh ketika akan belok sebab misalnya mobil akan belok kekanan, maka roda bagian belakang kanan putarannya lebih sedikit bahkan berhenti berputar sedang roda pada bagian belakang kiri berputar lebih banyak dan hasilnya mobil pun bisa belok dengan mudah tanpa slip.

selain itu didalam sebuah gardan terdapat beberapa komponen gear dengan masing masing fungsinya yang diantaranya adalah :

Axle shaft

Axle shaft ini memiliki fungsi sebagai penerus putaran dari gear differential ke sumbu roda. Dan axle shaft ini dikaitkan melalui side gear pada sisi kiri dan kanan differential gear.

Drive Pinion Gear

Komponen ini memiliki fungsi sebagai penerus putaran dari batang propeller yang kemudian dihubungkan ke ring gear differential, dan selanjutnya akan diteruskan ke axle shaft.

Baca juga : Ternyata rokok elektrik lebih berbahaya dari rokok biasa

Nah bagaimana apakah kalian sudah mulai paham mengenai fungsi dari differential gear alias gardan ini?

Untuk info seputar otomotif anda bisa membacanya di AUTOMOTIVEXIST.BLOGSPOT.COM.


Advertisement

Advertisement