Home » » Ciri Ciri Mobil Harus Segera Di Spooring

Ciri Ciri Mobil Harus Segera Di Spooring

Advertisement
Tanda mobil harus di spooring - salah satu perawatan kendaraan roda empat yang sering kali dilupakan oleh sebagian besar pemilik mobil adalah kegiatan spooring dan balancing. Padahal dengan tidak dilakukan spooring secara berkala akan membuat komponen kaki kaki mobil menjadi cepat mengalami kerusakan.

Memang waktu ideal melakukan spooring mobil adalah setiap mobil kalian telah menempuh jarak 10.000 kilo meter untuk dilakukan spooring ulang. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan posisi kaki kaki atau understeel seperti tierod, long tierod, sudut camber dan caster kembali ke posisi semula.

spooring balancing
gambar kegiatan : sebelah kiri spooring dan sebelah kanan balancing


Namun walaupun begitu, ketika mobil anda belum sampai kilometer per 10.000 km tadi dan merasakan kendaraan anda tidak enak dipakai maka sebaiknya anda lakukan spooring dengan segera sebab jika dibiarkan malah akan menambah ketidak nyamanan dalam berkendara tentunya.

Beberapa ciri dibawah ini menandakan mobil anda harus sebaiknya dilakukan spooring dengan segera yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ban mobil anda aus tidak merata pada sisi bagian luar ataupun pada bagian dalam.

keausan banyang tidak merata ini biasanya disebabkan oleh kesalahan sudut sudut toe in, dan sudut camber yang mungkin telah bergeser sehingga wajib dilakukan spooring segera agar keausan ban tidak semakin parah.

2. Setir mobil terasa melayang dan liar.

Penyebab setir mobil menjadi liar dan susah dikendalikan biasanya disebabkan oleh berubahnya sudut camberdari posisinya ( kebanyakan menjadi terlalu plus ) dan toe terlalu out sehingga pengendaliannya menjadi kurang bagus.

3. Mobil ketika dilepas kemudinya akan menarik ke salah satu sisi, narik kiri ataupun narik ke kanan.

Penyebab setir mobil narik kesalah satu sisi adalah karena berubahnya sudut sudut baik camber maupun caster dari spesifikasinya. Dan pada umumnya kendaraan akan narik ke arah yang sudut casternya terlalu minus ataupun ke sudut camber yang terlalu plus. Maka langkah terbaik adalah melakukan tindakan spooring dengan segera.


4. Setir mobil miring ketika berjalan lurus

Pernahkah anda mengalami kejadian ketika mobil kalian berjalan lurus, ternyata setir mobil milik kalian ini miring kekiri ataupun kekanan ? Hal ini biasanya disebabkan karena kesalahan sudut koreksi camber yaitu toe ini sehingga menyebabkan hal yang demikian.

5. Setelah mengganti ban baru

Beberapa ban meskipun baru ada yang memiliki efek narik kiri sehingga sebaiknya anda melakukan spooring dan balancing setelah mengganti ban mobil anda. Ban baru yang tidak dibalancing maka momen inersia antara velg dan ban menjadi tidak seimbang. Sehingga ketika mobil melaju dengan kencang akan timbul getaran didalam ban tersebut yang jika dibiarkan akan membuat komponen seperti bearing roda, end tie rod, long tie rod menjadi oblak dan rusak.

6. Mobil telah mengalami insiden kecelakaan

Kendaraan yang telah mengalami kecelakaan, misalnya masuk kedalam lubang menganga di jalan raya atau sehabis menabrak trotoar jalan dikhawatirkan sudut geometri roda akan berubah dari posisinya. Dan jika hal ini dibiarkan dapat membuat ban menjadi aus tidak merata sampai kendaraan akan narik ke salah satu sisi tadi.

7. Setelah melakukan penggantian tie rod, long tie rod atau racksteer

Mengganti beberapa komponen yang telah saya sebutkan diatas pun juga dapat mempengaruhi geometri roda depan kendaraan anda seperti setir menjadi miring. Maka dari itu sebaiknya anda lakukan spooring setelah mengganti komponen komponen diatas.

Beberapa syarat wajib sebelum mobil bisa dilakukan spooring dan balancing adalah kondisi understeel atau kaki kaki kendaraan dalam keadaan bagus, jika terdapat kerusakan anda diharuskan mengganti komponen yang rusak tersebut baru kemudian bisa dilakukan spooring.

Untuk mengetahui dari manfaat spooring balancing bagi mobil anda silahkan kunjungi blog automotivexist.blogspot.com


Baca juga : Cara benar mengecek king pin truk rusak ataukah tidak

Nah semoga pengetahuan mengenai spooring dan balancing mobil ini dapat memberikan wawasan bagi kalian tentang pentingnya melakukan perawataan secara menyeluruh kendaraan roda empat anda selain perawatan berkala seperti ganti oli, saringan udara dan lain sebagainya.


Advertisement

Advertisement