Home » » Perlukah Mempersiapkan Dana Darurat ? Ini Alasannya

Perlukah Mempersiapkan Dana Darurat ? Ini Alasannya

Advertisement
Berbagai Alasan Kenapa Harus Punya Dana Darurat - Akhir akhir ini santer terdengar kabar bahwa banyak perusahaan besar dunia yang mulai menarik bisnis mereka di indonesia, sebut saja salah satu perusahaan otomotif amerika yakni FORD yang masih hangat ditelinga kita bahwa mereka akan mengakhiri ekspansi bisnis mereka di negara ini dengan alasan bahwa indonesia sudah tidak menguntungkan lagi bagi perusahaan otomotif tersebut.

Itu hanyalah satu dari perkiraan sekitar hampir 200 an perusahaan asing lain yang akan melakukan hal serupa. Dan pertanyaanya adalah seberapa banyak orang nantinya ketika beberapa perusahaan tersebut sudah tidak lagi beroperasi di indonesia ? Berapa ribu pengangguran di negeri ini yang akan bertambah setiap harinya ? Andaikan juga bahwa salah satu dari mereka adalah diri anda, apa yang akan kalian lakukan setelah itu ?

Perlukah Mempersiapkan Dana Darurat ?

Jawaban mayoritas adalah mencari pekerjaan baru. Kemudian muncul kembali pertanyaan berikutnya, seberapa cepat kalian akan menemukan pekerjaan baru tersebut ? 1 hari ? 1 minggu ? ataukah 1 bulan baru bisa mendapatkan pekerjaan lain / baru tadi ? iya jika 1 hari langsung mendapat pekerjaan dan sudah bisa mulai bekerja, jika 1 atau 2 bulan ternyata kalian masih menganggur, uang dari manakah yang akan kalian gunakan untuk kebutuhan hidup selama mencari pekerjaan baru tadi ?

Pilihannya adalah jika tidak hutang uang ya menggunakan dana darurat. Nah dari sekian bnyak orang tentunya tidak mau memilih berhutang sebab hanya akan menambah persoalan, hutang semakin menumpuk sedangkan pekerjaan belum juga didapatkan. Dan pilihan paling bagus adalah menggunakan dana darurat untuk mengatasi hal hal yang demikian, jadi pastikan kalian telah mempersiapkan dana darurat seperti ini jauh jauh hari sebelum terjadi hal hal tidak terduga seperti ini sebab dana darurat ini adalah kunci utama yang memiliki kaitan terhadap pengendalian resiko didalam pengelolaan finansial pribadi anda.

Baca juga : Simak cara menjadi kaya walaupun anda hanyalah seorang karyawan berikut ini

Ketika keuangan sedang normal biasanya sebagian orang berfikir bahwa mereka masih memiliki sumber penghasilan yang sangat stabil, dan meremehkan jika nanti dipecat atau di rumahkan, mereka beranggapan masih bisa mencari pekerjaan lain dengan cepat.

Pengertian Dana Darurat 

Dana darurat ini adalah sebuah dana yang kita persiapkan secara khusus yang nantinya bermanfaat dalam menghadapi hal atau kejadian yang sangat darurat, tidak terduga dan diluar kendali anda. Dana darurat ini bukanlah sebuah dana investasi dan masing masing haruslah dibuat secara terpisah. Saran yang paling baik dalam mempersiapkan dana darurat ini adalah berupa uang / barang yang berbentuk likuid, dapat dengan mudah di uangkan / dicairkan jika dibutuhkan secara mendadak.

Alasan Pentingnya Mempersiapkan Dana Darurat


1. Menghindari Utang

Tujuan paling utama ketika kita memiliki dana darurat adalah agar nantinya ketika kita memiliki kebutuhan yang sangat amat mendesak, kita tidak perlu lagi meminjam uang ke orang lain. Sebagai contoh jika kalian memiliki sanak keluarga yang sakit dan membutuhkan uang untuk biaya pengobatan, atau ketika usaha yang kalian jalankan mengalami kebangkrutan anda tidak perlu kuatir untuk meminjam uang ke teman atau sahabat guna mempertahankan bisnis yang kalian jalankan sebab anda memiliki dana darurat yang sewaktu waktu daat digunakan untuk situasi seperti ini.

Banyak sekali situasi yang sulit dan tidak terduga selain kedua contoh diatas yang tentu saja akan sangat panjang jika kalian meminta kami untuk menyebutkan satu persatu. Ingatlah bahwa situasi yang amat buruk yang mungkin saja terjadi kepada anda tidak bisa kalian perkirakan bukan ? Nah ketimbang kalian harus berhutang dan kepikiran untuk biaya cicilan serta bunga hutang ( bila ada ) bukanlah lebih baik kalian sisihkan sedikit demi sedikit uang gaji anda secara teratur dan disimpan untuk keadaan yang seperti ini.

Baca Juga : Inilah usaha UKM yang sangat menjanjikan dan perlu kalian coba

2. Biaya Hidup Saat Merintis Usaha Mandiri

Biasanya seseorang yang telah memutuskan untuk berhenti menjadi karyawan dan mencoba untuk bangkit dan membangun bisnis sendiri atau yang kita kenal dengan istilah berwirausaha tentu saja membutuhkan dana darurat seperti ini. Kebanyakan orang yang baru merintis sebuah usaha tidak serta merta usaha mereka langsung sukses, mereka harus memulai dari titik nol, benar benar nol besar, dan jika saja mereka tidak memiliki jumlah uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama menjalani proses ini tentu saja akan kembali ke point nomor satu diatas yakni berhutang.

Memang keputusan seperti amatlah beresiko sebab walaupun usaha yang dirintis berjalan, beberapa dari jenis usaha tersebut nyatanya tidak berjalan dalam jangka waktu yang lama alias berumur pendek, penghasilan menurun sedangkan kebutuhan pokok setiap harinya harus terpenuhi. Nah dalam kondisi tertentu seperti inilah dana darurat sangat bermanfaat bagi kalian untuk digunakan bukan ? Setidaknya masih dapat digunakan bertahan hidup dan mulai memikirkan bagaimana caranya usaha kalian sukses kedepannya.

3. Terhindar Dari Konflik Rumah Tangga

Walaupuna tidak semua persoalan rumah tangga ini berasal dari finansial, namun ternyata banyak konflik yang timbul di sebuah keuarga yang akar permasalahannya bersumber dari masalah finansial. Coba bayangkan jika seandainya kalian di pecat secara mendadak atau usaha yang kalian kelola bangkrut secara tiba tiba, sedangkan disisi lain semua tagihan serta cicilan yang harus kalian bayar tetap berjalan, apakah hal ini tidak membuat kalian menjadi gila ? Nah kondisi kondisi yang seperti inilah yang biasanya membuat orang menjadi lebih emosional, menjadi pemarah yang tak terkendali dan perubahan sikap yang menjurus ke arah tempramental.

Nah dengan adanya konflik didalam biduk rumah tangga ini bukannya malah menyelesaikan masalah, tapi justru akan menambah masalah yang kalian miliki nantinya. Dan sekali lagi kalian akan terselamatkan dari keadaan seperti ini bila kalian memiliki sebuah dana darurat. Dengan adanya dana darurat ini kalian tidak perlu lagi memikirkan meminjam uang ke siapa dan bagaimana mencicilnya sebab kalian sudah memiliki cadangan dana keuangan yang siap membantu anda ketika mnghadapi masalah finansial yang pelik seperti ini.

4. Spekulasi Bisnis Tidak Sesuai Prediksi

Ketika investasi yang kalian lakukan tidak sesuai dengan harapan dan target, yang justru malah menyebabkan kerugian, para pelaku bisnis atau usaha ini harus mengeluarkan dana lebih guna menutupi kerugian yang timbul. Nah dengan memiliki dana darurat ini tentu saja akan menjadi dewa penyelamat anda ketika sedang mengalami permasalahan yang seperti ini. Jika kalian memiliki jenis usaha yang lebih dari satu, maka tidak perlu menggunakan keuntungan dari bisnis yang lain untuk menutup kerugian pada bisnis yang sedang bergejolak, cukup tutup dengan menggunakan dana darurat yang kalian miliki :).

5. Memelihara Kesehatan Anda

Bayangkan bila anda adalah seorang pengusaha yang sedang mengalami bangkrut, kemudian karena tidak dapat membayar hutang hutang yang melilitnya maka semua aset yang dimilikinya pun disita seperti rumah, mobil / motor dan lain sebagainya ?. Tentu saja kondisi psikologis mereka akan terguncang sekali dan kondisi kejiwaan yang terganggu akibat dari kejadian ini tentu saja akan memperburuk kesehatan mereka bukan ? Kondisi kejiwaan yang kian hari terus memburuk tentu saja akan membuat mereka sulit sekali untuk menstabilkan kembali dirinya. Nah jika saja dia memiliki dana darurat tentu saja membuat anda tidak stress memilirkan kebangkrutan dan membuat kalian lebih fokus untuk kembali bangkit dari keterpurukan bukan ?

Baca Juga :  Kenapa premi asuransi itu mahal ? Simak ulasannya disini

Mulai sekarang siapkanlah dana darurat anda

Berbagai alasan diatas hanyalah sebagian kecil dari banyak kejadian yang telah menimpa saudara saudara kita diluar sana. Masih banyak sekali hal hal yang tak terduga yang akan menghadang kita di kemudian hari. Maka dari itulah mempersiapkan dana darurat ini sangatlah penting untuk dilakukan. Mempersiapkan dana darurat tidaklah harus langsung banyak, cukup mencicilnya tiap bulan secara teratur dengan besar antara 5% hingga 10% dari total pendapatan kalian akan sangat berguna sekali dilain waktu jika kalian mengalami musibah tak terduga. Dari anda dan untuk anda, semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kalian dan jangan lupa untuk dibagikan ya :).


Advertisement

Advertisement