Home » » Inilah Usaha Kecil Dan Menengah Yang Menjanjikan Saat Ini

Inilah Usaha Kecil Dan Menengah Yang Menjanjikan Saat Ini

Advertisement
Peluang usaha mikro dan menengah - Memang kegiatan bisnis adalah suatu kegiatan yang dapat mendatangkan banyak uang bagi para pelakunya, bahkan masyarakat pada umumnya dari dahulu sampai saat ini sangat senang sekali dengan yang namanya bisnis, sampai sampai ketikan akan melakukan sesuatu kemudian ditanya oleh teman pasti kalian menjawab " Bisnis dulu bro".

kembali lagi ke topik mengenai bisnis, memang setiap usaha ataupun bisnis memerlukan modal mulai dari yang sangat rendah sampai yang membutuhkan dana yang lumayan besar. Nah bagi mereka yang saat ini baru mengenal dan ingin mencoba berbisnis, mengelola Usaha Kecil dan Menengah atau yang biasa dikenal dengan istilah UKM adalah solusi untuk berbisnis dengan modal minim. Nah dari sekian banyak kegiatan UKM di indonesia rata rata banyak yang mengalami keberhasilan, dan jika kalian tertarik untuk memulai bisnis dibawah ini telah kami rangkum beberapa jenis Usaha Kecil Menengah yang berpotensi dan menjanjikan yang telah terbukti diantaranya adalah :

#6 Peluang Usaha Kecil Dan Menengah yang Menjanjikan


Usaha Kecil Dan Menengah Yang Menjanjikan

1. Bisnis Dibidang Kuliner

Bisnis Usaha Kecil Menengah yang pertama dan menjanjikan ialah di bidang kuliner. Kuliner ini berkaitan dengan segala jenis dan bentuk makanan ataupun minuman yang tentu saja dicari oleh semua makhluk hidup yang memang membutuhkan makan guna bertahan hidup. Nah oleh sebab itu kami sebutkan kenapa bisnis di bidang kuliner ini sangat menjanjikan dan tidak akan pernah ada matinya jika kalian kerjakan dengan cara yang baik dan benar. Sub bisnis bidang kuliner ini pun terbagi bagi kedalam banyak sekali golongan yang diantaranya adalah makanan ringan ( snack ), Makanan pokok dan juga minuman. Dan dari kesemua sub bisnis kuliner ini memiliki peluang untuk sukses yang sama dan memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya, yang tentunya juga sangat baik kalian manfaatkan untuk membuka usaha sendiri baik dalam skala yang kecil maupun menengah.

Baca juga : Anda karyawan dan ingin kaya ? Baca ini

2. Bisnis UKM di Bidang Fashion

Bisnis menjanjikan selanjutnya selain bisnis di dunia kuliner ialah bisnis di bidang fashion, hal ini dapat dijadikan sebagai pilihan bilamana kalian memang tidak suka dengan kategori bisnis kuliner diatas. Peluang untuk sukses di bisnis inipun juga terbuka sangat lebar dan berpeluang besar untuk mencapai kesuksesan karena fashion ini juga merupakan kebutuhan utama umat manusia di muka bumi ini selain makan. Bahkan kebutuhan akan fashion ini saat ini dapat dikatakan sangat berlebihan, hal ini dapat dilihat banyaknya para kaum perempuan khususnya yang suka sekali berbelanja pakaian hanya sekedar untuk koleksi di rumah dengan alasan tidak mau ketinggalan mode / jaman, sehingga hal ini pun akan memberikan imbas kepada perkembangan bisnis di bidang fashion ini.

Inilah Usaha Kecil Dan Menengah Yang Menjanjikan
sumber : tokopedia.com


Untuk kategori atau jenis bisnis di bidang fashion ini pun juga memiliki beragam jenis dan sasarannya, seperti contohnya adalah fashion pria, fashion wanita, fashion muslim / hijab, fashion pakaian model dan lain sebagainya. Untuk contohnya jangan jauh jauh, lihatlah salah satu pelaku UKM yang sukses dengan bisnis fashion religi yang memiliki brand Jilbab Rabbani yang menghadirkan berbagai macam fashion khusus untuk para muslimah yang bermutu. Dan saat ini pun banyak sekali pelaku UKM sejenis yang bermunculan di tanah air, beberapa dari mereka mengadopsi sistem dropship atau reseller kepada siapa saja yang ingin berbisnis namun hanya memiliki modal sangat minim, bergabung bersama mereka yang telah memiliki nama besar ini dapat dijadikan alternatif yang menguntungkan bukan ?.

3. Bisnis UKM di Bidang Otomotif

Bisnis UKM yang sangat menjanjikan nomor 3 adalah bisnis di bidang otomotif baik mobil maupun motor. Kenapa demikian ? alasannya adalah pertumbuhan otomotif di indonesia saat ini sangatlah berkembang pesat dengan dibuktikan tiap tiap orang saat ini paling tidak memiliki 1 buah motor bahkan lebih. Jika kalian tahu akan potensi bisnis di dunia otomotif tentu kalian akan langsung terjun didalamnya walau hanya memiliki modal yang kecil. Anda bisa mencoba membuka usaha yang masih ada kaitannya dengan dunia otomotif seperti Usaha cuci motor dan mobil, atau hanya sekedar membuka usaha jasa ganti oli dan tune up kendaraan yang modalnya relatif murah / kecil.

Bila kalian memiliki modal yang lumayan besar bisa mencoba berbisnis di bidang otomotif dengan menjual sparepart atau suku cadang kendaraan, atau menjual aksesoris lain seperti helm, perlengkapan keselamatan / safety dan juga membuka bengkel berskala menengah. Contoh sukses di bisnis ini sudah banyak sekali silahkan anda tanyakan ke bengkel bengkel pinggir jalan mengenai modal dan omset mereka tiap bulannya yang bisa membuat kalian tergiur pastinya, Beberapa pelaku usaha otomotif seperti AHRS pun dulunya juga berawal dari bisnis UKM.


4. Bisnis UKM di Bidang Pendidikan

Bisnis menjanjikan selanjutnya selain ketiga jenis usaha kecil menengah yang telah kami ulas adalah bisnis usaha di bidang pendidikan jika kalian memang lebih suka dunia pendidikan tentunya. Anda bisa membuka usaha les privat atau bimbingan belajar ( bimbel ) serta lembaga non formal lain yang masih ada kaitannya dengan dunia pendidikan. Membuka usaha di bidang pendidikan non formal ini cenderung lebih murah dan sangat mudah untuk memulainya tanpa harus memiliki modal yang besar dalam pengelolaannya.

Dunia pendidikan saat ini sangat banyak peminatnya dari masyarakat dari berbagai kalangan yang memang haus akan ilmu pendidikan, dan tentu saja mereka pun memiliki harapan agar kelak mereka atau anak anak mereka dapat tumbuh dan memiliki ilmu yang tinggi dan sanggup mencerahkan masa depan mereka. Bukankah ini adalah kesempatan yang bagus untuk dimanfaatkan ?

Baca Juga : Ingin jago menawar ? Gunakan teknik ampuh dalam menawar berikut ini


5. Bisnis UKM di Bidang Teknologi Internet

Bisnis menjanjikan selanjutnya walaupun dalam skala kecil ( UKM ) adalah di bidang teknologi internet. Di jaman yang serba modern dan canggih ini UKM juga dapat menyasar di bidang bisnis yang satu ini. Kebutuhan akan sebuah informasi, layanan maupun hiburan melalui media internet saat ini terbilang cukup tinggi dan tentu saja semakin menguntungkan para pelaku usaha yang saat ini sedang bergelut di bisnis ini. Bahkan saat ini untuk menjalankan bisnis UKM bidang teknologi tidak memerlukan modal yang besar loh, cukup dengan memiliki atau menyediakan baik aplikasi ataupun website atau situs yang nantinya dalah diperjual belikan. Istilah yang umum untuk kegiatan ini adalah StartUp.

Banyak sekali pilihan usaha di bidang digital internet ini sesuai dengan yang dibutuhkan seperti media online, Ecomerce, aplikasi android dan lain sebagainya. Beberapa startup yang saat ini sukses dan populer karya anak bangsa diantaranya adalah Kaskus.co.id dengan nama awal yaitu kaskus.us yang merupakan singkatan dari kata "kasak-kusus" yang digawangi oleh Andrew Darwis, atau contoh lainnya adalah situs Tokobagus.com yang digawangi oleh Arnold sebastian dan saat ini berubah nama menjadi OLX.co.id. Bahkan situs yang sedang kalian baca inipun termasuk salah satunya, dengan modal yang penulis keluarkan tidak sampai 200 ribu per tahunnya, namun mampu meraup penghasilan dari pemasang iklan yang setiap bulannya setara dengan dua kali gaji UMR kota surabaya :).


6. Bisnis UKM di Bidang Agrobisnis

Yang terakhir untuk jenis usaha atau bisnis UKM ialah di bidang agrobisnis. Perlu anda ketahui di indonesia hampir semua wilayahnya memiliki kondisi tanah yang sangat subur, lohjinawi, seperti kata koes plus, tongkat kayu dan batu saja jika jatuh diatas tanah bisa menjadi tanaman. Beberapa bisnis atau usaha dibidang agrobisnis ini meliputi pertanian, perkebunan serta peternakan. Dengan memiliki atau menyewa lahan dan mengolahnya tentu akan memberikan kalian hasil yang menguntungkan jika dilakukan dengan benar dan penuh dengan kerja keras.

Hasil dari usaha UKM bidang agribisnis ini diantaranya adalah padi, buah buahan, sayur sayuran, hasil ternak seperti susu, telur dan daging yang sangat diminati hampir seluruh lapisan masyarakat pada umumnya. Sekilas seluruh hasil produk agro ini selalu dicari oleh semua orang sebab termasuk kedalam kebutuhan pokok berupa pangan. Jadi kalian tidak perlu kuatir dengan pangsa pasar sebab hasilnya akan selalu lalu, contoh nyata dari bisnis ini adalah yang dijalani oleh om Bob Sadino yang berawal dari bisnis UKM yang diberi nama kemchick dan saat ini bisnis yang dibangun oleh om Bob ini sudah memasuki taraf modern dan berkualitas dan memiliki cabang di banyak lokasi.

Baca Juga : Ingin buka usaha bareng teman ? Pastikan perhatikan 6 hal ini

Kunci Kesuksesan Adalah Kerja Keras

Siapapun anda baik yang memiliki modal kecil ataupun besar tetap akan bisa sama sama sukses jika dilakukan dengan disiplin dan penuh dengan kerja keras serta pantang menyerah. Ingatlah semua kisah sukses pun dimulai dari hal kecil bahkan terdapat cerita pilu jatuh bangun didalamnya. Semoga tulisan ini dapat memberikan anda motivasi serta manfaat guna lebih meyakinkan diri kalian dalam berwirausaha mandiri. Selamat berusaha dan jangan lupa dibagikan artikelnya :). Terimakasih.


Advertisement

Advertisement