Home » » Strategi Sukses Bisnis Rental Mobil

Strategi Sukses Bisnis Rental Mobil

Advertisement
Tips strategi sukses usaha rental mobil - Saat ini bisnis jasa sewa mobil atau rental mobil semakin banyak dijalankan oleh masyarakat. Hal ini dapat terjadi karena memang tingginya angka permintaan dari pasar ( masyarakat ) sehingga permintaan yang tinggi tersebutlah yang melatar belakangi pesatnya bisnis rental mobil ini.

Hal ini didukung dengan banyaknya kondisi dari alat transportasi umum yang masih dapat dikatakan belum atau bahkan masih jauh dari sebuah kata "layak". Nah berawal dari sinilah bisnis usaha rental mobil ini semakin memberikan prospek yang cerah dikemudian hari. Namun dalam kenyataannya dilapangan tidak semua para pelaku bisnis ini dapat mencapai kesuksesan. Maka dari itu bila kalian termasuk orang yang baru ingin membuka jasa sewa mobil dan masih belum begitu paham dengan dunia bisnis ini, artikel strategi sukses usaha rental mobil ini sangat cocok untuk kalian baca.



Strategi Sukses Bisnis Rental Mobil

1. Target pasar dan prospeknya

Strategi bisnis yang pertama kali arus kalian ketahui dalam menjalankan bisnis ini adalah kalian wajib untuk mengenali target serta prospeknya. Maksudnya disini ialah anda harus tahu seberapa besar prospek usaha sewa mobil ini didaerah kalian. Misalnya apakah dilingkungan anda berbisnis akan ada banyak orang yang membutuhkan jasa anda ataukah tidak. Nah bila memang ada dan malah banyak orang yang kemungkinan membutuhkan jasa seperti ini, maka prospek bisnis anda di lingkungan tersebut bisa dikatakan bagu, begitu pula sebaliknya. Untuk mengetahui seberapa prospek bisnis rental mobil ini didaerah kalian, maka perlu dilakukan survey disana.

Setelah diketahui bahwa ada prospek disitu, maka langkah selanjutnya ialah menentukan target dari bisnis sewa mobil ini. Apakah target kalian ini orang biasa / umum, orang orang kantor, atau turis atau pendatang. Hal ini sangatlah penting karena dengan kalian menetapkan target, maka akan lebih memudahkan kalian untuk menetapkan strategi marketingnya.

Baca Juga : Tips cerdas dalam mengajukan kredit kendaraan

2. Carilah lokasi usaha yang baik

Setelah selesai menjalankan poin nomor satu diatas, langkah selanjutnya agar sukses berbisnis rental mobil adalah dengan mencari lokasi atau tempat usaha yang baik. Biasanya lokasi yang bagus untuk bisnis ini berada di daerah keramaian yang banyak dilalui orang, atau istilahnya adalah lokasi yang strategis.  Nah dengan begitu peluang usaha kalian dikatahui orang akan semakin besar dan tentu saja kesempatan untuk menggaet pelanggan sebanyak mungkin pun terlihat didepan mata.


3. Promosi usaha dan Marketing

Guna memperoleh pelanggan yang banyak tentu saja kalian juga harus melakukan promosi usaha serta pemasarannya walaupun lokasi usaha kalian ini berada di lokasi yang strategis. Hal ini sangat penting mengingat pesaing bisnis seperti yang kalian jalankan saat ini sudah banyak bertebaran dimana mana. Nah guna meningkatkan daya saing usaha baru kalian, maka sangat dibutukan strategi promosi serta marketing yang sangat efektif. Setidaknya ada dua cara yang dapat kalian lakukan untuk melakukan promosi serta pemasaran yang paling efektif saat ini yang diantaranya adalah :

A. Strategi Marketing Online

Strategi marketing online adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan melalui media media online yang membutuhan sebuah jaringan internet untuk mengaksesnya. Perlu kalian ketahui bahwa perkembangan dunia online saat ini sangatlah pesat, dan hal ini dapat dijadikan indikator yang seharusnya membuat kalian langsung tanggap untuk memanfaatkannya. Cara melakukan promosi melalui media online sangatlah beragam, mulai dari media online sosial media seperti facebook, twitter, path, instagram dan sejenisnya. Atau media online yang khusus digunakan untuk melakukan promosi masal seperti mengiklankan usaha di Google Adwords, Facebook ads, Twitter ads dan sejenisnya. Bisa juga kalian membuat sebuah website landing page yang didalamnya berisi profil usaha anda. Pastikan kalian mengetahui beberapa teknik SEO agar website kalian akan muncul di nomor satu pada mesin pencari google.

B. Strategi Marketing Offline

Strategi penjualan dan promosi secara offline ini adalah cara yang masih konvensional / cara lama namun masih sangat berpengaruh kepada para calon konsumen. Kenepa demikian ? sebab tidak semua orang saat ini yang tahu teknologi, banyak sekali orang awam diluar sana yang bahkan facebook pun mereka tidak tahu. Strategi offline yang biasa dilakukan oleh pebisnis sewa mobil diantaranya adalah dengan membuat brosur atau pamflet, membuat stiker dan memasangkannya di bagian belakang mobil rental, memasang banner di lokasi yang ramai, membuat kartu nama usaha, memasang iklan di media offline seperti majalah dan koran, melalui face to face atau tatap muka langsung dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara kembangkan usaha dengan membangun jaringan bisnis

4. Berinvestasi Terhadap Hal Yang Mendukung Usaha

Agar bisnis anda ini sukses nantinya, maka kalian juga perlu membuat benang merah didalam lingkaran usaha anda. Kalian juga harus bersikap profesional serta teliti dalam menjalankannya agar bisnis yang kalian buka tidak terpuruk. Investasi yang berkaitan dengan dunia bisnis rental mobil diantaranya adalah seperti memilih jenis mobil yang tepat sesuai minat konsumen, Menjalin kerja sama mitra bisnis yang berguna untuk kelangsungan usaha, mengasuransikan mobil rental ke pihak asuransi guna memberikan perlindungan kendaraan yang kalian rentalkan.

5. Membangun Relasi dan Jaringan

Guna memperoleh kepercayaan yang tinggi antara target pasar dan juga investor, maka kalian juga dituntut untuk mampu memperluas relasi dan jaringan bisnis. Semakin banyak relasi serta jaringan yang kalian miliki, maka semakin besar kesempatan kalian untuk memperoleh mitra bisnis yang nantinya dapat kalian ajak bekerjasama dalam memajukan usaha. Pastikan kalian bergabung ke beberapa komunitas usaha rental mobil didaeran kalian ya ?, biasanya setiap bisnis atau usaha pasti ada yang namanya asosiasi atau perhimpunannya. Bergabung dan aktiflah di komunitas tersebut dengan mengikuti workshop serta agenda yang diselenggarakan. Dengan demikian selain anda mendapatkan ilmu ilmu bermanfaat seputas usaha rental mobil, juga bisa membuat nama usaha kalian dikenal dikalangan luas yang dapat membuat bisnis penyewaan mobil yang dibangun semakin maju dan berkembang.

6. Waspada akan tindak kriminal dan penipuan

Sering kali kita mendengar banyaknya berita di televisi tentang aksi kriminal yang sasarannya adalah para pelaku usaha rental mobil yakni tindakan penggelapan mobil rental. Dan biasanya para pelaku ini memiliki banyak identitas palsu ketika melakukan aksinya.

Baca juga : Inilah alasan anda harus membeli asuransi mobil

Nah selalu memiliki kewaspadaan yang tinggi memang diperlukan dalam menjalankan usaha jenis ini, terlebih ketika proses penyewaan sedang berlangsung. Pastikan kalian memperhatikan dengan seksama semua dokumen yang diberikan oleh calon penyewa, kalian pun juga dituntut tahu bagaimana membedakan dokumen palsu atau bodong dengan dokumen yang asli. Dengan begitu kemungkinan anda ditipu dapat diminimalisir dan terhindar dari kerugian akibat kehilangan unit mobil rental milik kalian. Oh iya bila diperlukan anda bisa memasang alat GPS yang lebih dari 1 di setiap unit mobil guna melakukan tracking atau pelacakan guna memantau posisi kendaraan anda.


7. Pasang harga yang pas dan tawaran menarik lainnya

Dan strategi sukses bisnis rental mobil yang terakhir adalah dengan memasang tarif atau harga sewa yang sesuai dengan harga dipasaran, atau anda juga bisa memberikan harga diskon guna menarik minat pelanggan agar mau berlangganan di tempat anda. Ingatlah bahwa harga ini sangat mempengaruhi para konsumen khususnya di indonesia yang masih perhitungan soal uang, beda 50.000 saja pelanggan langsung menyerbu anda loh. Oleh sebab itu dalam memasang tarif sebaiknya jangan dilakukan secara asal atau sembarangan, lakukan survey tarif sewa mobil di daerah tempat kalian membuka usaha. Jangan pernah memasang harga tinggi tanpa riset pasar bila kalian tidak ingin usahanya sepi.

Strategi Sukses Bisnis Rental Mobil


Banyak pebisnis jasa transportasi ini menyarankan tiap pelaku bisnis jasa sewa mobil memberikan diskon dan promo menarik di hari hari tertentu misalnya diskon atau promo khusus di hari lebaran. Hal ini sangatlah penting anda lakukan untuk menarik minat calon penyewa agar memilih menyewa ditempat anda daripada di tempat lain. Dan promo atau diskon yang paling sering diberikan biasanya berupa potongan harga.

Baca Juga : Mau buka bisnis dengan teman ? Perhatikan 6 hal ini dahulu

Nah itulah tadi beberapa tips dan informasi yang telah kami bagikan mengenai strategi sukses dalam berbisnis rental mobil. Memang bisnis yang satu ini kelihatannya mudah namun sangat sulit untuk dijalankannya. Bagi kalian yang sudah mantang dan serius untuk menekuni bisnis ini, beberapa tulisan diatas mungkin dapat membantu anda dalam memahami dunia jasa transportasi ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan.


Advertisement

Advertisement