Home » » 6 Hal Yang Wajib Diperhatikan Ketika Membuka Bisnis Dengan Teman

6 Hal Yang Wajib Diperhatikan Ketika Membuka Bisnis Dengan Teman

Advertisement
Tips membuka bisnis bersama teman - merintis sebuah usaha bersama teman atau sahabat memang lebih ringan serta menyenangkan dibandingkan bila kita membuka usaha sendirian atau membuka usaha dengan orang yang baru saja dikenal. Karena dengan membuka bisnis dengan teman lama atau sahabat tentunya kita sudah mengenal watak serta karakter mereka yang dapat kita jadikan bahan pertimbangan sebagai modal memperkuat posisi.

Namun tidak selamanya bisnis yang kita buka bahkan dengan teman baik sekalipun membuahkan hasil yang manis, malah sebaliknya. Cobaan dan ujian selalu menghadang yang bahkan berefek terhadap hubungan persahabatan yang bisa ikut kandas dan berbalik menjadi musuh.


Selain hal diatas ternyata membuka usaha dengan sahabat ini juga bisa menimbulkan suatu masalah bila kalian tidak dapat membedakan atau memisahkan antara kerja atau bisnis dengan pribadi. Nah maka dari hal itulah kalian juga dituntut tidak secara sembarangan dalam memilih teman atau sahabat sebagai partner bisnis. Paling tidak kalian juga harus melakukan seleksi secara mendalam sebelum mengambil keputusan akhir agar tidak kacau balai ditengah jalan. Nah beberapa ahli menyebutkan beberapa kunci sukses dalam berbisnis bersama sahabat atau teman yang wajib kalian pahami dahulu, dan point point penting tersebut antara lain adalah sebagai berikut :



tips bisnis bersama teman

1. Bangun Chemistry Anda Berdua

Walaupun misalnya kalian telah lama menjadi teman akrab, pastikan dari kalian berdua memiliki sifat atau karakter yang cocok, memiliki visi dan misi yang sama serta tidak bertentangan. Tanpa adanya kesamaan chemistry ini akan dijamin kalian akan mengalami kesulitan untuk merintis sebuah usaha berdua. Dan satu hal lagi, dari masing masing kalian pun juga harus bisa menimbang kemampuan atau potensi agar nantinya ketika usaha sudah berjalan kalian bisa membagi tugas dan tanggung jawab masing masing. Pastikan kalian bersikap secara profesional, bertanggung jawab serta memiliki tugas yang jelas agar bisnis yang kalian rintis dapat berjalan lancar dan sukses.

Dengan begitu kalian akan lebih mudah dalam menggerakkan roda roda bisnis jauh kedepan dengan jangka waktu yang lama sampai sukses menghampiri kalian tentunya.

Baca Juga : Tips ampuh teknik tawar menawar yang bisa kalian lakukan sendiri

2. Memiliki Komitmen di Awal membuka bisnis / usaha

Setelah memilih teman bisnis yang tepat dan cocok, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis usaha apa nantinya yang akan kalian bangun. Untuk saran sebaiknya pilihlah bisnis yang sekiranya salah satu diantara anda menguasai skil dan kemampuan dasarnya sehingga resiko bangkrut dapat diminimalisir serendah mungkin. Jangan sekali kali mencoba membuka usaha baru yang kalian tidak miliki kemampuan disana dan minim pengetahuan akan usaha yang akan kalian rintis. Misalnya saja anda ahli dalam bidang otomotif motor dan mobil, namun malah membuka usaha kuliner dimana anda memasak nasi putih pun tidak tahu caranya, ini misalnya loh ya ?.

Setelah mengambil komitmen pada tahap awal dalam menentukan bisnis atau usaha apa yang sekiranya mau dijalankan, kalian berdua juga sebaiknya saling mawas diri dan jangan hanya menilai kemampuan teman anda saja. Dan juga jangan karena hanya ada rasa semangat dalam membuka bisnis sendiri malah membuat sahabat atau teman kalian menjadi kecewa. Biasanya kondisi ini bisa terjadi ketika anda terlalu memaksakan diri ketika belum adanya titik temu komitmen berdua serta bisnis yang kalian rancang belum siap jalan.

Disamping bidang keahlian yang dimiliki, dari kedua belah pihak juga wajib mempertimbangkan potensi yang ada dipasar. Jangan mencoba untuk menekuni bisnis yang sudah jelas tidak menjanjikan alias tidak berpotensi untuk sukses. Lakukan crosceck dan carilah ide lain yang lebih fresh guna mempertimbangkan kembali bisnis yang akan kalian buka.

3. Tentukan Tujuan mendirikan bisnis, modal usaha,target serta peranan masing masing

Nah point selanjutnya setelah anda memilih peluang bisnis yang akan dijalankan, tentukan juga target dan tujuan berikut peran dari masing masing kalian. Ini diperlukan dengan secepat mungkin guna melihat apakah kalian berdua ini adalah partner yang tepat dan serasi dalam membuka bisnis berdua. Dan bila ternyata kalian tidak memiliki kesamaan paham, masih ada kata terlambat untuk membatalkan kemitraan kalian berdua. Nah hal ini sangat penting guna menjaga pertemanan kalian agar tidak kandas hanya gara gara masalah bisnis yang tidak berjalan lancar.

Disamping point point diatas sebuah usaha atau bisnis juga tidak dapat cepat berkembang tanpa adanya kucuran dana yang cukup. Salah satu kunci sukses bisnis dengan teman ialah dengan jalan mengumpulkan modal usaha yang sama besarnya atau seimbang serta adanya transparansi didalamnya. Semua hal yang berkaitan dengan kegiatan usaha ini harus ditulis secara jelas diatas surat kesepahaman bermaterai yang biasa disebut dengan surat kontrak kerja, berikut dengan hal hal yang berhubungan dengan pembagian tugas serta tanggung jawab dan juga keuntungan pastinya. Setiap anda menambahkan modal bersama sebaiknya sudat kontrak juga diperbaharui.

tips bisnis bersama teman

Baca juga : Tips menghemat pengeluaran untuk biaya pernikahan yang kian mahal


4. Membagi tugas yang jelas dan mampu membedakan kerja dan bermain

Sebelum benar benar membuka usaha bersama pastikan kalian membicarakan tugas dan kewajiban kedua belah pihak dan menetapkannya sebelum kegiatan bisnis dibuka dan dijalankan. Seluruhnya wajib dicatat didalam surat kontrak kerja. Bilamana semua dari pihak pihak terkait aktif didalamnya maka perlu juga dibuatkan susunan posisi yang struktural untuk menentukan siapa siapa yang memimpin.

Sebisa mungkin pastikan kalian bekerja dengan profesional walaupun sebenarnya masih sama sama belajar atau newbie. Bedakan juga antara mana yang pekerjaan, mana yang pribadi. Misalnya ketika di tempat kerja sebaiknya jangan membahas kegiatan ketika hangout dan sebagainya, fokuslah pada pekerjaan dan ketika pekerjaan telah usah barulah kalian dapat membicarakan hal hal yang lebih pribadi seperti kegiatan ngopi mungkin ?

Ya sesekali sih boleh saja kalian mengobrol ringan untuk mencairkan suasana kerja yang mungkin penuh dengan tekanan, tetapi tetap ada batasnya, bersenda guraulah secukupnya saja. Buatlah jadwal untuk saling bepergian menikmati liburan di akhir pekan untuk tetap menjaga keakraban dan juga sebagai sarana menghibur diri setelah sekian hari penuh tekanan di kerjaan. Khusus untuk usaha kecil biasanya kita sendirilah sebagai pelaku utama baik sebagai karyawan dan juga bos, peran kalian sebagai pendiri, pemilik serta karyawan di bisnis sendiri harus diperhatikan. Pandai pandailah dalam menempatkan diri. Buatlah prinsip bisnis adalah saya.


5. Kejelasan bagi hasil di awal perjanjian

Seringkali kita mendengar bisnis atau usaha yang dirintis baik berdua atau bertiga dengan teman atau sahabat bisa hancur berantakan hanya gara gara tidak meratanya pembagian laba karena memang tidak dibicarakan ketika awal awal membuka usaha. Nah untuk itu dari masing masing orang harus mengetahui apa itu yang disebut dengan dividen ( bagi hasil ) dan juga gaji.

Dividen atau pembagian hasil haruslah disesuaikan dengan besarnya modal masing masing pelaku, dan besarnya dividen biasanya diberikan dalam bentuk persentase. Misalnya si A memiliki modal 3 juta, sedangkan si B memiliki modal 7 juta sehingga perbandingan keduanya adalah 30%:70%. Misal dari kegiatan usaha mendapatkan untung sebesar 100 juta, maka si A mendapat porsinya sebesar 30% yakni 30juta begitupun dengan si B yang memiliki modal lebih besar tentu mendapatkan bagian yang besar pula. Nah agar tidak terjadi kesenjangan disarankan membagi modal sama rata yakni 50% : 50%.

Untuk besarnya gaji disesuaikan dengan porsi pekerjaan masing masing individu.


6. Disiplin penuh kerja keras dan tidak saling iri

Salah satu faktor kunci kesuksesan didalam dunia bisnis dan usaha baik dengan teman ataupun family sekalipun salah satunya adalah disiplin yang tinggi, dan tidak boleh ada rasa iri antar sesama ( walaupun sulit dihindari ). Nah sikap ini harus ditanamkan pada masing masing anggota yang sebelumnya telah disusun. Dengan begini semua bentuk perselisihan yang mengarah sebagai pemicu hancurnya bisnis yang kalian rintis bersama bisa diminimalisir.

Baca Juga : Bisnis ini memiliki peluang tiada matinya dan patut anda coba

Tips tambahan : Bekerjalah Secara Profesional

Didalam dunia bisnis khususnya berbisnis dengan teman atau sahabat, pastikan diantara kalian menomor satukan yang namanya profesionalitas kerja dan juga hubungan persahabatan yang baik. Belajarlah juga bagaimana mengelola perbedaan atau konflik yang kemungkinan terjadi suatu saat nanti, jangan mengambil keputusan dengan tanpa pertimbangan. Banyak sekali sisi positif dari menjalankan bisnis bersama teman salah satunya adalah menyamakan visi, misi serta rasa kepercayaan terhadap sesama. Itulah tadi sedikit tips yang perlu diperhatikan ketika anda membuka bisnis dengan teman atau sahabat. Semoga sukses saya ucapkan dan jangan lupa untuk dibagikan kepada siapapun diluar sana tulisan ini. Terimakasih sudah menyempatkan diri berkunjung :).


Advertisement

Advertisement