Home » » Begini Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Begini Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Advertisement
Cara hitamkan Rambut alami - mempunyai rambut yang hitam apalagi berkilau adalah keinginan setiap manusia khususnya bagi para wanita tentunya, sebab rambut adalah bagian terindah dan mahkota yang dimiliki oleh wanita.

Namun sangat disayangkan karena aktivitas yang kita lakukan setiap hari dapat membuat rambut kita yang semula hitam dan indah lambat laun menjadi berubah warna, kusam bahkan memerah apalagi mereka yang kerjanya langsung terkena sinar matahari.

black shine hair


Selain itu rambut yang terkena sinar matahari langsung secara konsisten akan berdampak pada rambut yang bercabang, warna rambut berubah kemerahan sampai dengan munculnya ketombe dan iritasi kulit kepala.

Baca juga : Cara alami dan sehat turunkan berat badan

Nah khusus pada edisi kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat rambut yang berubah warnanya menjadi kemerah merahan, namun sebelum itu anda juga wajib tahu kenapa warna rambut bisa sampai berubah menjadi merah ini yang diantaranya ialah sebagai berikut.

Penyebab Rambut Berubah Menjadi Merah


Terkena sinar matahari

Rambut yang selalu terpapar sinar matahari langsung ini bisa berakibat rusaknya rambut termasuk warnanya yang berubah, bahkan volume rambut bisa menjadi lebih tipis dan kering.

Karena keturunan
Biasanya ada beberapa orang yang karena keturunan sehingga memiliki rambut yang tidak hitam gelap, melainkan agak kemerah merahan.

Tidak cocok sampoo
Ada juga orang yang tidak cocok menggunakan sampo merk tertentu namun mengabaikannya, dan baru menyadari bahwa rambutnya telah berubah.

Perlakuan rambut yang tidak baik
Kadangkala orang ingin terlihat cantik dan mempesona dengan jalan mengubah ubah gaya rambut, mencatok, mengecat rambut, direbonding dan lain sebagainya. Justru cara cara seperti ini hanya akan merusak kondisi rambut yang semula sehat menjadi tidak sehat bahkan rambut bisa dikatakan mati ( tidak bisa memanjang lagi ).

Baca juga : Anda tidak suka sarapan ? Inilah bahaya tidak sarapan pagi

Nah hal hal diatas itulah yang dapat membuat kondisi rambut anda menjadi berubah warnanya menjadi kemerah merahan. Dan untuk menghitamkan kembali rambut yang sudah berubah secara alami ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan dan diantaranya ialah sebagai berikut:

Bahan Penghitam Rambut Alami

Minyak baceman
Minyak baceman adalah bahan ramuan yang berasal dari berbagai jenis dedaunan yang diolah sedemikian rupa, adapun cara membuat minyak ini adalah.
Siapkan
4 buah daun mangkokan
4 kuntum bunga kenanga
2 buah daun pandan
2 ruas jari krangean
1 bh kulit dari jeruk purut
10 sdm minyak kelapa
Cara membuat minyak baceman
Iris tipis semua bahan diatas kemudian campur dengan minyak kelapa sampai merata. Kemudian diamkan selama kurang lebih 3 malam. Untuk cara menggunakannya cukup dioleskan minyak baceman tersebut ke rambur sampai kulit kepala, diamkan sampai minyak meresap dan bisa anda bilas dengan keramas menggunakan sampoo yang cocok buat anda.

Minyak kemiri
Cara menghitamkan rambut secara alami selanjutnya adalah dengan minyak kemiri. Minyak kemiri ini bisa anda dapatkan di toko toko yang menjual kosmetik, namun sangat disarankan anda membuatnya sendiri agar terhindar dari kemungkinan adanya bahan kimia jika anda membelinya ditoko.
Cara menggunakan minyak kemiri ini hampir sama dengan cara diatas, yakni mengoleskan minyak kemiri pada bagian rambut, diamkan beberapa saat kemudian bisa anda bilas dengan cara keramas. Lakukan hal ini setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Minyak zaitun
Cara alami lain untuk membuat rambut menjadi hitam alami ialah dengan menggunakan minyak zaitun yang sangat mudah anda dapatkan di toko bahan makanan. Cara pemakaiannya pun lagi lagi sama dengan cara sebelumnya diatas.

Ramuan biji pepaya + minyak kelapa
Ramuan ini sedikit lebih rumit membuatnya. Pertama silahkan anda cari biji pepaya kemudian dicuci sampai bersih dan dikeringkan dibawah terik matahari. Selanjutnya biji yang telah kering di sangrai dan ditumbuk sampai halus. Serbuk hasil tumbukan tadi silahkan diambil secukupnya saja dan dicampur dengan minyak kelapa kemudian oleskan secara merata pada bagian rambut anda. Tunggu setidaknya 1 sampai 2 jam baru kemudian bisa anda keramas. Lakukan hal ini setidaknya 2 kali dalam 1 minggu.

Air teh
Sangat disarankan menggunakan daun teh asli hasil memetik, bukwn serbuk teh celup. Caranya sangat mudah, pertama silahkan anda seduh daun teh tersebut pada waktu malam kemudian diamkan, ketika pagi hari silahkan pakai hasil seduhan tadi guna membilas rambut anda dan biarkan sampai terlihat mengering baru kemudian bisa anda bilas menggunakan air bersih.

Menggunakan Santan
Selain berguna untuk menyedapkan masakan, air santan ini juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut anda yang berubah memerah. Didalam santan ini sebenarnya juga mengandung minyak yakni minyak kelapa. Cara penggunaannya silahkan anda ambil air santan dari buah kelapa yang tua, bilaskan ke seluruh rambut anda serts tunggu sampai mengering. Bilas rambut sampai bersih bisa dengan keramas.


Sebenarnya masih banyak sekali bahan alami yang bisa digunakan untuk menghitamkan rambut seperti lidah buaya, berbagai jenis kacanh dan lain lain, namun beberapa diatas sudah cukup mewakili semua karena bahan bahannya mudah didapat.

Selain dari pada itu, anda pun disarankan menjaga nutrisi yang masuk kedalam tubuh terutama makanan yang mengandung banyak sumber vitamin. Perbanyak konsumsi buah buahan dan kacang kacangan. Nah itulah tadi tips cara menghitamkan rambut secara alami. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan.


Advertisement

Advertisement