Home » » Tips Cara Hemat Kuota Saat Nonton Streaming YouTube

Tips Cara Hemat Kuota Saat Nonton Streaming YouTube

Advertisement
Tips hemat kuota internet - memang ponsel atau smartphone tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya internet, dan salah satu dari sekian banyak kegiatan menarik yang bisa kalian lakukan bersama dengan ponsel tercinta ialah mengakses jejaring sosial media seperti facebook, twitter, google plus, instagram dan yang paling menggiurkan dari beberapa jejaring sosial yang ada ialah menonton YouTube secara streaming.

Biasanya seseorang yang sudah kesasar dan nonton streaming di YouTube akan lupa waktu dan lupa bahwa kuota mereka sedang menipis, tahu tahu ternyata kuota mereka sudah habis tak tersisa gara gara terlena dengan berbagai video menarik yang disuguhkan oleh saluran saluran di YouTube. Satu hal yang harus anda tahu adalah dari sekian banyak aplikasi yang ada didalam sebuah ponsel pintar, hanya YouTube lah yang paling banyak menguras kuota internet, dan jika anda tidak pandai pandai menyikapinya bisa saya pastikan anda akan langsung kehabisan kuota saat itu juga bila sudah kecanduan nonton YouTube.

Nah agar anda tidak kebablasan dan kehabisan kuota internet ketika melakukan streaming video YouTube di ponsel cerdas, beberapa tips dibawah ini bisa anda terapkan agar kuota anda lebih hemat, apa sajakah itu ? Silahkan disimak beberapa cara menghemat kuota internet saat nonton YouTube dibawah ini :

Tips Cara Hemat Kuota Saat Nonton Streaming YouTube


1. Manfaatkan fitur Playlist

Dari sekian banyak fitur yang ada didalam aplikasi youtube yang bisa kalian manfaatkan adalah fitur playlist, dengan fitur yang satu ini anda akan dengan mudah melakukan pencarian video yang diinginkan serta lebih mempermudah anda dalam membuka sebuah video yang kalian inginkan. Nah dengan adanya fitur yang satu ini sudah tentu akan menekan penggunaan kuota internet yang ada pada ponsel hanya untuk melakukan pencarian sebuah video.

Baca juga : Jenis video yang bisa menghasilkan uang di youtube

2. Menghapus / menonaktifkan Iklan

Mungkin bagi anda yang sudah terbiasa memelototin video di YouTube akan melihat adanya iklan didalam video baik yang berupa iklan hamparan / skip add, ataupun iklan yang berbentuk banner yang muncul dibagian bawah video yang sedang kalian tonton. Iklan iklan ini biasanya akan lebih menguras kuota internet jika tidak segera anda singkirkan, kalian bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga pemblokir iklan yang bisa dimanfaatkan agar iklan iklan tersebut tidak muncul di layar ponsel.

3. Manfaatkan fitur pembatasan kuota di aplikasi YouTube

Bila anda sering mengutak atik setting aplikasi YouTube anda pasti akan menemukan sebuah fitur yang terbilang sangat berguna sekali yakni fitur pembatasan pemakaian kuota internet. Nah dengan adanya fitur pembatas ini, aplikasi bisa mencegah kalian untuk menonton video yang memiliki resolusi tinggi atau Full HD. Disini anda juga bisa menetapkan resolusi video yang bisa kalian nikmati ketika melakukan streaming pada bagian playback serta Video playback quality disaat jaringan internet anda buruk. Ketika fitur ini aktif maka anda hanya akan dapat menikmati video beresolusi default yakni 360p saja.

Dikutip dari How To Geek, perbandingan sebuah video yang berdurasi sama, video dengan resolusi 144p mampu menguras kuota anda sebesar 6.6Mb, bila anda menggunakan resolusi sebesar 240p maka penggunaan data jauh lebih tinggi yakni sekitar 9,6Mb. Untuk video beresolusi 360p ini mampu mengkonsumsi kuota anda sebesar 15,2Mb, untuk video beresolusi 480p ternyata mampu menghisap kuota anda hingga sebesar 25,2Mb sedangkan video yang sama dengan resolusi 720p akan mampu menyedot kuota anda sebesar 44,6Mb. Dan yang paling besar yakni video FULL HD dengan resolusi 1080p akan mampu mengeruk kuota internet anda sebesar 73,5Mb.

Baca juga : Tips membuat fotomu lebih keren di instagram

Wah ternyata beda resolusi juga mempengaruhi besar kecilnya kuota internet yang digunakan ya ? Bila kalian tidak memiliki cukup banyak kuota internet akan lebih baik anda menggunakan jaringan wifii yang bisa kalian temukan dengan mudah di beberapa warung kopi yang menyediakan free wifii ataupun kafe dan indomaret disekitar anda.


Advertisement

Advertisement