Home » » Cara Mengurangi Bounce Rate Paling Ampuh

Cara Mengurangi Bounce Rate Paling Ampuh

Advertisement
Kualitas dari sebuah blog yang anda miliki dapat dilihat dari besar kecilnya nilai bounce ratenya. Semakin kecil nilai bounce rate blog,maka sudah dapat dipastikan bahwa blog yang anda miliki memiliki kualitas yang bagus. Nilai bounce rate akan menjadi semakin besar bila banyak dari pengunjung anda datang baik dari mesin pencari maupun dari lalulintas sosial media,kemudian membaca satu buah artikel yang mungkin pernah anda bagikan disana kemudian mereka pergi ( close tab ) begitu saja dari halaman blog tanpa membaca artikel lain yang ada disana.

Jadi nilai bounce rate ini dapat dijadikan bahan acuan bagi anda untuk menilai blog / website anda mengenai kepuasan pengunjung terhadap website atau blog. Agar anda dapat menekan nilai bounce rate serendah mungkin anda bisa melakukan berbagai tips yang telah banyak diulas di berbagai blog / website khusus blogger.

cara ampuh menurunkan bouncerate


Sebagai blogger,baik pemula ataupun yang sudah profesional pun harus mau menggali seluruh informasi yang ada untuk meningkatkan tehnik SEO serta berbagai trik agar website yang anda kelola dapat memberikan kepuasan terhadap pengunjung. Pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa tips Cara mengurangi bounce rate paling ampuh yang dapat anda lakukan yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Tata Letak Dan Desain Blog.
Yang pertama kali dilihat oleh pengunjung ketika membuka sebuah situs atau website adalah mengenai susunan dan desain yang rapi,tidak ada widget yang aneh aneh yang nantinya bakal merepotkan pengunjung yang akan melihat blog anda. Dalam mendesain tata letak tidak ada ilmu khusus,cukup buat blog atau website anda se sederhana mungkin namun memiliki navigasi dan beberapa widget yang diperlukan. Selain itu sebaiknya anda singkirkan saja .

2.Kecepatan Blog Ketika Diakses.
Point yang nomor dua dalam tehnik mengurangi bounce rate yang begitu tinggi adalah sebaiknya anda memperhatikan kecepatan loading blog anda ketika diakses oleh para pengunjung nantinya. Anda dapat mengetesnya melalui tools yang telah disediakan oleh google webmasters guna mengetahui seberapa cepat loading blog milik anda. Ingat,pengunjung lebih suka dengan website yang mudah untuk diakses dalam hal kecepatan. Bila blog atau situs anda memiliki loading yang lambat,maka bersiap siaplah ditinggalkan oleh pengunjung.

Hal ini tidak mutlak,meskipun blog sangat lambat loadingnya untuk diakses bila isi dari situs tersebut sangat bermanfaat tentu mereka rela menunggu berlama lama untuk membacanya.

3.Artikel Menarik Dan Penuh Manfaat.
Kebanyakan para pembaca ketika mencari sebuah artikel di internet tentu yang dicari adalah yang berguna bagi mereka. Percuma bila loading blog sudah disetting sangat cepat,tata letak sudah dibuat sangat sederhana namun bila isi dari artikel yang anda miliki sangat biasa,pasaran dan tidak memiliki nilai kegunaan bagi pengunjung juga akan membuat website anda ditinggalkan begitu saja. Maka dari itu buatlah artikel yang sangat menarik bagi pengunjung dan berguna bagi siapa saja yang membacanya.

4.Relevansi Konten.
Dalam membangun sebuah blog sebaiknya yang pertama anda lakukan adalah membuat satu atau beberapa blog sekaligus yang dalam tiap blog memiliki topik atau niche khusus. misalkan saja satu blog memiliki niche tentang dunia fashion.maka artikel didalamnya wajib membahas seputar fashion saja,jangan pernah membahas topik mengenai kesehatan atau topik nyeleneh lainnya di dalam blog ini. Dengan selalu memperhatikan sebuah topik yang ada didalam blog tentu akan membuat pengunjung lebih leluasa serta fokus dalam menjelajah situs anda. Bayangkan ketika mereka menjelajah blog yang berisi fashion kemudian tiba tiba mereka menemukan artikel tentang otomotif?.

Untuk membuat blog gado gado alias campur aduk sebaiknya anda pisahkan juga blognya.

5.Internal Linking Yang Baik.
Menyisipkan internal link memang disarankan karena internal link ini juga termasuk kedalam jenis navigasi yang memudahkan pembaca untuk memahami kata kata yang belum mereka mengerti,atau memandu para pengunjung blog untuk lebih mengetahui maksud dan tujuan dari isi artikel.
Dalam menerapkan internal linking ini jangan juga membabi buta,memasangnya di setiap anchor text di eluruh isi artikel karena bukannya menambah wawasan,malah mengganggu pengunjung anda nantinya. Saran dari kami untuk memasang internal link berilah batasan,minimal dua dan maksimal hingga 5 link lebih baik.

6.Batasi Iklan Anda.
Memang setiap blogger menginginkan hasil berupa uang dari apa yang mereka kerjakan termasuk saya ini. Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai program periklanan seperti Google AdSense dan sejenisnya. Selepas dari itu semua,jangan serta merta anda sangat menginginkan hasil yang melimpah anda lupa dengan kenyamanan pengunjung. Berilah batasan terhadap iklan yang anda pasang didalam website. Sebisa mungkin hindari iklan dengan bentuk intertisial pop up yang menutupi seluruh halaman website, karena kami sendiri juga merasa risih dengan iklan jenis ini .
Dengan memberikan batasan berapa iklan yang akan anda pasang,tentu selain memberikan penghasilan bagi anda,pengunjung pun akan tetap betah untuk menjelajah.

Percuma saja bila anda memiliki website dengan artikel yang bermanfaat,navigasi sangat jelas,namun berisi iklan yang sangat menganggu,pengunjung pun akan kabur,lalu siapa yang akan mengklik iklan nantinya kalau bukan pengunjung?.


Nah cukup dengan memperhatikan ke enam poin yang telah kami uraikan diatas,bounce rate anda semakin hari akan semakin rendah sehingga popularitas situs pun akan naik pamornya seperti pamor Batu akik Yang Paling Diburu Saat Ini.



Advertisement

Advertisement